Rekomendasi GBP/USD 15 September 2021: Naik karena Melemahnya USD

371

(Vibiznews – Forex) GBP/USD lompat ke arah 1.39 setelah Core CPI AS meleset dengan 4% YoY, namun kemudian tertekan kembali ke 1.3847 karena Sterling terpukul oleh keprihatinan Brexit dan lemahnya angka Claimant Count Change Inggris.

Angka klaim pengangguran Inggris turun hanya 58.600 di bulan Agustus, lebih rendah daripada yang diperkirakan sebesar 70.000 yang menunjukkan bahwa Inggris sedang mengalami perlambatan dalam proses pemulihan.

Angka bulan Juli lebih bagus, dimana tingkat pengangguran turun dari 4.7% ke 4.6% sebagaimana dengan yang diperkirakan. Namun sebenarnya jutaan dari orang Inggris masih menikmati skema cuti yang sedang dalam kondisi sebentar lagi berakhir.

Pertumbuhan yang melambat dan melemahnya dukungan pemerintah berarti semakin tingginya tingkat ketidakpastian dan potensi penundaan atas rencana Bank of England menaikkan tingkat suku bunga.

Terlepas dari data pekerjaan Inggris dan data inflasi AS, berita mengenai Brexit tetap ada. Kepala negosiator Inggris David Frost mendesak bahwa Uni Eropa harus bergerak memberikan kemajuan dalam hal protocol Irlandia Utara. Isu ini menambah tekanan terhadap Sterling.

“Support” terdekat menunggu di 1.3800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3760 dan kemudian 1.3725.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3895 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3950 dan kemudian 1.3985.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here