Bursa Eropa Ditutup Naik; Saham Perjalanan dan Liburan Memimpin Kenaikan

206
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa berakhir lebih tinggi pada hari Kamis, mencermati data ekonomi dan kebijakan bank sentral.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,5% pada penutupan, dengan saham perjalanan dan liburan naik 3% untuk memimpin kenaikan. Sumber daya dasar melawan tren, tergelincir 2,5%.

Indeks FTSE berakhir naik 0,16%. Indeks DAX ditutup naik 0,23%. Indeks CAC ditutup naik 0,59%.

Pasar di Eropa menerima serah terima yang lemah dari Asia-Pasifik, di mana indeks Hang Seng Hong Kong memimpin penurunan di antara indeks utama karena saham kasino anjlok di tengah kekhawatiran peraturan.

Di Amerika Serikat, Dow Jones Industrial Average tergelincir meskipun penjualan ritel Agustus lebih baik dari perkiraan, karena laporan klaim pengangguran mingguan terbaru menunjukkan gambaran ekonomi yang beragam.

Investor dalam beberapa hari terakhir telah bereaksi terhadap data inflasi AS yang lebih lemah, yang mengurangi ekspektasi pengurangan pembelian aset oleh Federal Reserve, dan angka penjualan ritel yang lemah dari China, yang menunjukkan perlambatan pemulihan ekonomi global.

Dalam berita lain, Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz akan menghadapi pertanyaan dari anggota parlemen Senin depan atas dugaan kegagalan di badan anti pencucian uang federal.

Interogasi akan berlangsung beberapa hari sebelum pemilihan negara di mana Scholz difavoritkan untuk menggantikan Kanselir Angela Merkel dengan Partai Sosial Demokratnya memimpin dalam jajak pendapat.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan perdagangan online Inggris IG Group naik 1,8% setelah laporan pendapatan kuartalannya.

Di bagian bawah indeks, pembuat suku cadang mobil Jerman Continental anjlok 6% setelah melepas unit powertrain-nya Vitesco.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Asia dan Amerika Serikat, yang jika positif akan memberikan dukungan bagi bursa Eropa dan sebaliknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here