Rekomendasi EUR/USD 16 September 2021: Fundamental Masih Naik?

897

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan di atas 1.18 di sekitar 1.1804 naik dari level terendahnya. Pada awalnya, kekuatiran mengenai pertumbuhan ekonomi Cina dan ketidakpastian mengenai kebijakan moneter the Fed membebani sentimen pasar meskipun inflasi AS melemah.

Harga impor AS turun sebanyak 0.3% pada bulan Agustus, jauh di bawah kenaikan dalam skala yang sama sebagaimana dengan yang diperkirakan. Publikasi ini meneguhkan angka CPI AS bulan lalu yang menunjukkan terjadinya penurunan yang sifnifikan di dalam harga=-harga. CPI Inti naik sebanyak 0.1% MoM, level terendah sejak bulan Februari. Rendahnya inflasi berarti the Fed tidak harus buru-buru melakukan “tapering” atas skema pembelian obligasi. Hal ini adalah negatif bagi dollar AS.

Pergerakan naik euro terhambat oleh karena pendekatan dari ECB yang kalem terhadap inflasi. Inflasi adalah faktor yang signifikan bagi USD, namun bagi Euro tidak signifikan. Secara keseluruhan fundamental mengarah kepada kenaikan oleh karena akan turunnya kembali dollar AS.

“Support” terdekat menunggu di 1.1780 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1740 dan kemudian 1.1725. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1835 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1855 dan kemudian 1.1880.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here