Bursa Korea Selatan Berakhir Naik; Secara Mingguan Meningkat

738
indeks kospi

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Korea Selatan berakhir lebih tinggi pada hari Jumat (17/09) karena data penjualan ritel AS yang optimis meningkatkan sentimen, meskipun investor menahan diri untuk tidak bertaruh besar menjelang liburan tiga hari negara itu. Won melemah, sementara imbal hasil obligasi acuan naik.

Indeks KOSPI ditutup naik 10,42 poin, atau 0,33%, pada 3.140,51, setelah mencatat penurunan 0,74% di sesi sebelumnya.

Indeks KOSPI naik 0,47% pada basis mingguan, menyusul penurunan 2,35% pada minggu sebelumnya.

Raksasa chip Samsung Electronics dan SK Hynix memimpin kenaikan pada benchmark, masing-masing menambahkan 1,45% dan 2,88%, sementara operator portal web Naver naik tipis 0,25%.

Sementara itu, saham di Hyundai Heavy Industries melonjak 85% dari harga penawaran umum perdana mereka pada debut perdagangan hari Jumat.

Orang asing adalah pembeli bersih saham senilai 45,8 miliar won ($38,94 juta) di papan utama.

Penjualan ritel AS secara tak terduga meningkat pada bulan Agustus, yang dapat meredam ekspektasi perlambatan tajam dalam pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga.

Investor sekarang menunggu pertemuan kebijakan Federal Reserve AS yang akan datang untuk petunjuk lebih lanjut tentang pengurangan program pembelian obligasi.

Pasar keuangan Korea Selatan akan ditutup dari Senin hingga Rabu karena liburan Chuseok thanksgiving Korea.

Won berakhir pada 1.175,0 per dolar, 0,27% lebih rendah dari penutupan sebelumnya di 1,171,8.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati hasil bursa Wall Street yang jika positif akan menguatkan bursa Jepang dan sebaliknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here