Rekomendasi GBP/USD 17 September 2021: Turun Tajam karena Kuatnya Permintaan USD

1055

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan di bawah 1.38 di sekitar 1.3796, turun secara signifikan setelah Penjualan Ritel AS muncul mengatasi dari yang diperkirakan dengan kenaikan 0.8% di bulan Agustus. Reshuffle pemerintah Inggris berlangsung mulus.

Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak tetap berada pada posisinya setelah PM Boris Johnson mengadakan reshuffle kabinet pemerintahan. Keputusan PM Johnson untuk tetap mempertahankan Sunak dilihat sebagai unsur keamanan dan politik yang memberikan ketenangan terhadap pasar. Johnson memeteraikan otoritasnya kebanyakan di dalam posisi non-ekonomi.

Tekanan terhadap GBP/USD datang dari survey outlook bisnis manufaktur oleh Federal Reserve Philadelphia yang mengatakan bahwa indeksnya naik ke 30.7 pada bulan September, sementara ekspektasinya turun ke 18.8.

Selain itu angka penjualan ritel AS juga menambah tekanan turun yang kuat terhadap GBP/USD. Penjualan ritel AS naik 0.7% pada bulan lalu, naik tajam dari revisi angka bulan Juli penurunan sebanyak penurunan sebanyak 1.8%. Angka ini juga jauh di atas dari angka yang diperkirakan sebesar penurun – 0.7%. Hal ini menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi AS belum kehilangan momentumnya sehingga membuat naiknya permintaan akan USD dengan kuat.

“Support” terdekat menunggu di 1.3775 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3730 dan kemudian 1.3640.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3850 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3895 dan kemudian 1.3910.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here