Rekomendasi Minyak 17 September 2021: Bertahan di Atas $72

227
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Commodity) Minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex bertahan di atas $72, di sekitar $72.24, tidak banyak berubah dari posisi sebelumnya.

Minyak mentah WTI sempat memperpanjang kenaikannya mendekati $73 setelah inventori AS menunjukkan penurunan yang substansial sebagaimana dengan yang dilaporkan oleh Energy Information Administration (EIA).

Di dalam laporan mingguannya, EIA melaporkan penurunan inventori minyak mentah AS di minggu yang berakhir pada 10 September 2021 sebanyak – 6.4 juta barel. Penurunan ini jauh lebih besar daripada penurunan yang diperkirakan pasar dengan konsensus penurunan sebesar – 3.6 juta barel. Dan juga jauh lebih besar dari penurunan minggu sebelumnya sebesar – 1.5 juta barel.

Terlebih lagi, ketakutan meningkat akan kekurangan dari “natural gas” di Eropa menjelang datangnya musim dingin. Kekuatiran akan terus naiknya harga komoditi ini telah memicu pemerintah Cina untuk merilis beberapa metal dari cadangannya.

Selain pemerintah Cina, kartel minyak terbesar di dunia, OPEC + terus berusaha untuk bisa memenuhi rencana penambahan produksinya yang bisa mulai memukul pasar sehingga pergerakan naik lebih lanjut  dari harga minyak WTI juga menjadi terbatas.

Selain itu bangkitnya kembali dollar AS setelah tertekan beberapa lama waktunya, juga merintangi harga minyak mentah WTI untuk bisa naik lebih tinggi.

Penjualan ritel AS naik 0.7% pada bulan lalu, naik tajam dari revisi angka bulan Juli penurunan sebanyak penurunan sebanyak 1.8%. Angka ini juga jauh di atas dari angka yang diperkirakan sebesar penurun – 0.7%. Hal ini menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi AS belum kehilangan momentumnya sehingga membuat naiknya permintaan akan USD dengan kuat.

“Support” terdekat menunggu di $72.17 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $71.96 dan kemudian $71.00. “Resistance” yang terdekat menunggu di $72.95 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $73.25 dan kemudian $73.89.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here