Harga Jagung Turun Pada Akhir Minggu Ekspor Turun

320

(Vibiznews – Commodity) – Harga jagung masih turun pada penutupan pasar hari Jumat, setelah pada minggu ini terjadi penurunan ekspor jagung, pada minggu depan diharapkan terjadi kenaikan harga karena masih dipengaruhi cuaca kering, dan juga kerusakan dari badai menyebabkan fasilitas transportasi dan pelabuhan menyebabkan terjadinya penundaan ekspor.

Harga jagung Desember di CBOT turun 2.25 sen (0.42%) menjadi $5.2725 per bushel.

Laporan mingguan USDA Grain transport melaporkan bahwa minggu ini sampai 11 September jagung yang dikirim sebesar 28k MT dibanding tahun lalu pada minggu yang sama 275k MT. Pada 3 minggu rata-rata sebelum badai Ida sebesar 372k MT jagung dikirim melewati Missisippi, Illonois, Ohio dan sungai Arkansas. 3 minggu sesudah badai Ida rata-rata 52k MT atau turun 83.6% dari tahun lalu pada minggu yang sama.

Laporan ekspor mingguan dari USDA pada hari Kamis pemesanan jagung sampai 9 September sebesar 246,583 MT masih dibawah perkiraan 500k – 1 MMT. Mexico dan negara yang tidak kita ketahui menjadi pembeli utama. USDA melaporkan bahwa total jagung yang sudah dipesan 24.213 MMT untuk 2021/22 sebesar 25% dari tahun lalu. Pengiriman jagung pada minggu ini 192k MT sehingga pengiriman jagung pada tahun ini sebesar 359,911 MT pada minggu pertama tahun marketing baru.

France’s AgriMer melaporkan kondisi tanaman jagung 89% good/excellent sampai 13 September, pada laporan sebelumnya hanya 59%. USDA melaporkan 30% dari daerah pertanian jagung kering masih belum berubah dari minggu lalu.

Panen jagung sudah dimulai dari minggu lalu, namun laporan resmi dari FranceAgriMer bahwa panen baru akan dimulai minggu ini.

Tanaman jagung mendapatkan keuntungan dari hujan musim semi, walaupun terjadi kerusakan di ladang gandum yang merupakan penghasil utama biji-bijian Uni Eropa. Pada hari Selasa Kementrian Pertanian Perancis akan meningkatkan perkiraan hasil jagung pada tahun ini.

Pedagang sedang menantikan panen dan laporan hasil jagung yang diperkirakan akan meningkat, apabila sesuai dengan laporan perkiraan dari USDA. Di daerah Illinois diperkirakan tidak menghasilkan karena kekeringan dan turunnya produksi. Cuaca kering berpengaruh di Ladang jagung dan Great Plains.

Analisa tehnikal untuk jagung dengan support pertama $5.20 dan berikut ke $5.13 sedangkan resistant pertama di $5.43 dan berikut $5.885

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here