Rekomendasi Mingguan Minyak 20 – 24 September 2021: Masih Berpeluang Turun?

268

(Vibiznews – Commodity) Minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex sempat memperpanjang kenaikannya mendekati $73.00 setelah inventori AS menunjukkan penurunan yang substansial sebagaimana dengan yang dilaporkan oleh Energy Information Administration (EIA), namun tidak berlangsung lama. Harga minyak mentah saat ini kembali turun ke $71.75 dengan terus menguatnya dollar AS yang safe-haven yang mencapai ketinggian selama 3 minggu.

Harga minyak mentah WTI diperdagangkan bertahan dengan para trader melakukan aksi ambil untung atas keuntungan yang besar dari kenaikan harga baru – baru ini di tengah naiknya kembali dollar AS.

Kenaikan tajam di dalam harga minyak mentah WTI disebabkan oleh karena prospek naiknya permintaan pada tahun depan baik oleh EIA maupun oleh karena kombinasi dengan keprihatinan akan supply yang berasal dari badai Ida yang telah lewat.

Bersamaan dengan itu supplies minyak mentah AS mingguan turun jauh sebagaimana yang dilaporkan baik oleh API maupun oleh EIA.

Inventori minyak mentah AS pada minggu lalu turun 6.4 juta barel. lebih dari dua kali lipat daripada yang diperkirakan oleh para analis. Cadangan gasoline turun 1.9 juta barel dibandingkan dengan yang diperkirakan sebesar 3.3 juta. Cadangan strategis minyak mentah juga turun sebanyak 500.000 barel.

Fenomena ini bisa dijelaskan dengan tetap dipeliharanya level ekspor yang tinggi meskipun ada dampak atas produksi dari badai Ida yang telah lewat di Teluk Mexico.

Ekspor telah naik dibandingkan dengan minggu lalu dan sekarang lebih tinggi daripada periode yang sama pada tahun lalu.

Sebagai konsekwensi dari badai Ida, banyak perusahaan harus menghentikan aktifitas penyulingan mereka di Teluk Mexico, dan juga beberapa penyulingan di Loisiana, yang juga terpukul oleh iklim yang ekstrim. Sebagai akibatnya pengiriman gasoline tetap di bawah level mereka tahun lalu.

Secara keseluruhan harga minyak mentah WTI masih bisa turun kembali ke area sekitar $70.

“Support” terdekat menunggu di $71.72 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $69.86 dan kemudian $67.17. “Resistance” yang terdekat menunggu di $72.95 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $73.25 dan kemudian $73.89.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here