Rekomendasi EUR/USD 21 September 2021: Terbebani Ketakutan di Pasar

813

(Vibiznews – Forex) EUR/USD memperpanjang kerugiannya, dan jatuh ke arah 1.17 di sekitar 1.1729. Dollar AS yang safe-haven sedang diburu oleh karena ketakutan akan perlambatan global dan semakin dalamnya krisis yang melanda konglomerat property Cina Evergrande. Ketegangan menantikan keputusan the Fed pada minggu ini dan juga pemilu di Jerman ikut menambah ketakutan.

Apakah kesulitan uang yang menimpa Evergrande, perusahaan real estate terbesar kedua di Cina, yang tidak bisa membayar hutang sebanyak $300 miliar, akan menjadi momen seperti kasus Lehman jaman dulu?

Dolar AS mendapatkan keuntungan dari keprihatinan akan kasus Evergrande ini dan perlambatan pertumbuhan global.

Dolar AS juga didorong naik oleh karena ketegangan terhadap keputusan dari Federal Reserve pada hari Kamis dinihari. Sementara the Fed tidak akan mungkin mengumumkan “tapering” pada bulan ini, timing dari pengumuman “tapering” menjadi tidak jelas.

Di Jerman, Menteri keuangan Olaf Scholz tetap memimpin dalam polling suara untuk menggantikan Kanselir Jerman Angela Merkel. Namun pasar kuatir karena Scholz menolak untuk tidak berkoalisi dengan radikal kiri Die Linke, dan memilih pemerintahan yang dikuasai oleh pemimpin kanan-tengah Armin Laschet.

Secara keseluruhan, ketakutan telah menguasai pasar dan membebani pasangan matauang EUR/USD.

“Support” terdekat menunggu di 1.1705 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1685 dan kemudian 1.1660. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1735 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1750 dan kemudian 1.1800.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here