Rekomendasi GBP/USD 21 September 2021: Turun karena Naiknya Dolar AS

997
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan di bawah 1.3650 di sekitar 1.3647, terpukul oleh permintaan dollar AS yang kuat. Kekacauan keuangan di perusahaan property no 2 terbesar di Cina mengancam kejatuhan di dalam permintaan global.

GBP/USD menyentuh kerendahan selama 4 minggu dan dalam perjalanan turun untuk hari yang ketiga berturut-turut oleh karena ketakutan yang menggerakkan dollar AS naik. Meskipun demikian tren turun bisa berakhir tiba-tiba atau mengalami koreksi.

Dollar AS yang safe-haven sedang diburu oleh karena ketakutan akan perlambatan global dan semakin dalamnya krisis yang melanda konglomerat property Cina Evergrande. Ketegangan menantikan keputusan the Fed pada minggu ini dan juga pemilu di Jerman ikut menambah ketakutan.

Apakah kesulitan uang yang menimpa Evergrande, perusahaan real estate terbesar kedua di Cina, yang tidak bisa membayar hutang sebanyak $300 miliar, akan menjadi momen seperti kasus Lehman jaman dulu?

Dolar AS mendapatkan keuntungan dari keprihatinan akan kasus Evergrande ini dan perlambatan pertumbuhan global.

Dolar AS juga didorong naik oleh karena ketegangan terhadap keputusan dari Federal Reserve pada hari Kamis dinihari. Sementara the Fed tidak akan mungkin mengumumkan “tapering” pada bulan ini, timing dari pengumuman “tapering” menjadi tidak jelas.

Pada minggu ini, di Inggris fokus ada pada BoE yang akan mengeluarkan risalah pertemuan kebijakan moneternya. Pada bulan Agustus dua anggota mendukung “tapering” dan jumlah mereka bisa bertambah. Sementara Gubernur BoE Andrew Bailey mengatakan bahwa komite kebijakan moneter terbelah 4:4 atas perdebatan mengenai apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk sedikit menaikkan tingkat bunga? Risalah pertemuan akan menunjukkan tren sekarang di antara para anggota BoE dan bisa menggoncang poundsterling khususnya apabila Bailey tersudut oleh bertambahnya anggota yang hawkish.

Secara keseluruhan masih ada ruang bagi GBP/USD untuk bangkit, namun ketidakpastian menjelang keputusan the Fed dan kasus Evergrande di Cina bisa berarti dalam gambaran yang lebih besar masih tren turun.

“Support” terdekat menunggu di 1.3600 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3570 dan kemudian 1.3500.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3720 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3765 dan kemudian 1.3800.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here