Bursa Eropa Bergerak Naik Menantikan Hasil Pertemuan Kebijakan The Fed

437
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Rabu karena ketegangan mereda atas pengembang properti China Evergrande dan menantikan hasil pertemuan terbaru Federal Reserve AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,8% lebih tinggi sebelum memangkas beberapa kenaikan untuk diperdagangkan 0,5% lebih tinggi dengan sebagian besar sektor di wilayah positif, kecuali untuk sektor kesehatan, teknologi dan utilitas.

Performa terbaik pada indeks pagi ini adalah Entain, harga sahamnya naik 6,5% setelah perusahaan perjudian itu mengumumkan proposal pengambilalihan senilai $22,4 miliar dari DraftKings yang berbasis di AS, dua kali lipat dari tawaran yang diterima dan ditolak dari MGM awal tahun ini, Reuters melaporkan.

Performa terburuk dalam indeks adalah perusahaan perawatan kesehatan Swedia Addlife, turun 4,6%, dan perusahaan perawatan rumah Prancis Orpea, yang diperdagangkan turun 2,4%.

Agenda utama bagi investor pada hari Rabu adalah kesimpulan dari pertemuan September Federal Reserve AS yang sangat dinanti-nantikan dengan investor yang mencari indikasi tentang pengurangan Fed dari kebijakan moneter yang mudah.

The Fed akan merilis pernyataan kebijakan dengan perkiraan ekonomi dan suku bunga, kemudian Ketua Jerome Powell diharapkan berbicara kepada media pada pukul 14:30. ET. Powell telah mengatakan sebelumnya bahwa tapering dapat terjadi tahun ini, tetapi investor menunggu rincian lebih lanjut, terutama setelah data ekonomi yang beragam dirilis sejak komentar terakhir Powell.

Pasar Eropa mengalami rebound yang solid pada hari Selasa setelah awal pekan yang gugup, sebagian besar disebabkan oleh kekhawatiran investor seputar pengembang properti China Evergrande Group dan kekhawatiran tentang risiko penularan bagi ekonomi China dan global yang lebih luas.

Sentimen investor mungkin telah tenang pada hari Rabu setelah unit Evergrande Hengda mengumumkan akan melakukan pembayaran kupon pada obligasi domestiknya pada hari Kamis. Namun, masih ada pertanyaan apakah bunga obligasi denominasi dolar AS di lepas pantai Evergrande – juga jatuh tempo pada hari Kamis – akan dibuat.

Itu bisa menjadi alasan di balik kehati-hatian di pasar AS dan Asia-Pasifik semalam; Saham berjangka AS dibuka sedikit lebih rendah Selasa malam dan pasar Asia-Pasifik beragam, dengan investor mencermati pasar China, yang dibuka kembali untuk perdagangan pada hari Rabu setelah liburan dua hari. Pasar di China daratan turun lebih dari 1% pada pembukaan hari Rabu sebelum sedikit rebound.

Rilis data penting yang juga menjadi agenda untuk Eropa termasuk data kepercayaan konsumen awal untuk zona euro pada bulan September, angka penjualan industri Italia untuk bulan Juli dan angka pengeluaran konsumen Belanda untuk bulan Juli. Tidak ada rilis pendapatan utama pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mencermati keputusan kebijakan The Fed dan pernyataan Jerome Powell, yang jika memberikan sentimen mendukung penguatan ekonomi, akan mengangkat bursa Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here