Rekomendasi Emas 24 September 2021: Naik karena Turunnya USD

1284

(Vibiznews – Commodity) Harga emas  naik pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis. Minat terhadap resiko meningkat di pasar dan hal ini menekan turun metal yang safe – haven. Namun sebaliknya turunnya dollar AS karena naiknya minat terhadap resiko membuat harga emas terdorong naik sehingga membatasi penurunan harga emas.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $16.80 ke $1.751.10 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Desember turun $0.187 ke $22.715 per ons.

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Minat terhadap resiko meningkat pada akhir dari minggu ini, setelah aksi jual yang tajam di pasar saham global dan AS pada hari Senin memulai minggu perdagangan yang baru.

Pasar pada saat ini merasa bahwa persoalan raksasa properti Cina, Evergrande, tidak akan menciptakan efek domino di pasar keuangan. Kebanyakan investor percaya pemerintah Cina tidak akan membiarkan Evergrande jatuh.

Sementara itu investor menilai ulang pernyataan the Fed yang hawkish di dalam pertemuan FOMC kemarin. Melihat reaksi yang positip di pasar keuangan dan saham, kelihatannya investor menilai, meskipun tidak bersikap dovish, the Fed tidak terlalu hawkish di dalam kebijakan moneternya.

Bank sentral Inggris tetap mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah dan program fasilitas senilai £895 miliar. MPC Inggris mengadakan pemungutan suara dengan perbandingan suara 9 – 0 untuk mempertahankan tingkat suku bunga, namun 7 – 2 untuk mengurangi Quantitative Easing.

“Support” terdekat menunggu di $1,775 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750 dan kemudian $1,725. “Resistance” terdekat menunggu di $1,790 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,823.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here