Rekomendasi EUR/USD 24 September 2020: Naik karena Berkuasanya Sentimen “Risk-On”

1042
sumber gambar : teller report

(Vibiznews – Forex) EUR/USD memperpanjang kenaikannya di atas 1.1700, di sekitar 1.1715, mengabaikan angka data ekonomi PMI zona Euro dan Jerman yang buruk. Dolar AS turun setelah kenaikan yang disebabkan oleh pernyataan the Fed yang hawkish, di tengah sentiment pasar yang bagus karena optimisme terhadap kasus Evergrande.

Di dalam pertemuan FOMC, kepala the Fed, Jerome Powell mengatakan bahwa pengumuman “tapering” bisa muncul di bulan November dan berakhir di pertengahan 2022. Selain itu, “dot plot” dari the Fed menunjukkan naiknya kecenderungan untuk menaikkan tingkat suku bunga pada tahun 2022. Dolar AS langsung membumbung tinggi karena prospek akan lebih sedikit dollar AS yang dicetak dan naiknya tingkat suku bunga.

Meskipun demikian, berkuasanya sentimen “risk-on” di pasar karena investor sudah berpikir ulang mengenai pernyataan dari Powell kepala the Fed dan ada nada yang positip di pasar saham, sehingga memicu aksi ambil untung terhadap dollar AS. Hal ini dipandang sebagai penyebab naiknya EUR/USD pada hari Kamis.

Pergerakan yang positip dari EUR/USD pada perdagangan intraday hari Kamis kelihatannya tidak terpengaruh dengan munculnya data PMI zona Euro bulan September yang menunjukkan bagaimana Uni Eropa telah kehilangan momentum pertumbuhannya.

“Support” terdekat menunggu di 1.1700  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1685 dan kemudian 1.1665. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1745 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1790 dan kemudian 1.1835.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here