Bursa Hong Kong Ditutup Naik Tipis Terdorong Saham Energi

507
indeks hang seng

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Hong Kong naik tipis pada hari Senin (27/09), dipimpin oleh sektor energi dan kebutuhan pokok konsumen, sementara krisis listrik di China daratan mengirim saham industri berat lebih rendah.

Indeks Hang Seng naik +0,1%, menjadi 24.208,78 dan Indeks China Enterprises turun 0,3%, menjadi 8.583,82 poin.

Sub-indeks energi naik 2%. Perusahaan minyak dan gas utama China, CNOOC Ltd, melonjak 5,1% pada rencana listing di Shanghai, menjadikannya pemenang terbesar di Heng Seng Index.

Sub-indeks konsumen, sub-indeks perawatan kesehatan, dan sub-indeks keuangan masing-masing bertambah 1,1%, 0,9% dan 0,4%.

HSBC naik 1,5% karena rilis seorang eksekutif di perusahaan telekomunikasi Huawei memicu harapan bank global akan mendapat manfaat dari meredanya ketegangan antara Amerika Serikat dan China.

Sub-indeks Bahan pelacak berakhir turun 3,1% karena krisis listrik China, yang disebabkan oleh pasokan batu bara yang ketat dan standar emisi yang semakin ketat, telah memicu kontraksi di industri berat di beberapa wilayah.

Indeks yang melacak saham game yang terdaftar di Hong Kong turun 4,2% karena langkah-langkah pencegahan pandemi Makau diperkirakan akan tetap berlaku sampai setelah Hari Nasional Pekan Emas.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Hong Kong akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang jika positif dapat memberikan dukungan bagi bursa Hong Kong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here