Bursa Korea Selatan Berakhir Naik Terbantu Pembelian Asing

377
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Korea Selatan naik pada hari Senin (27/09) karena investor asing membeli saham lokal untuk sesi kedelapan berturut-turut, meskipun larangan oleh China pada perdagangan crypto membebani pasar. Won Korea sedikit melemah, sementara imbal hasil obligasi naik.

Indeks KOSPI naik 8,40 poin, atau 0,27%, menjadi 3.133,64.

Di antara saham kapital besar, raksasa teknologi Samsung Electronics naik 0,52% dan rekan SK Hynix naik 0,48%, sementara LG Chem naik 1,18% dan Naver turun 0,62%.

Pembelian asing mendorong indeks KOSPI lebih tinggi tetapi penurunan di pasar saham China membatasi kenaikan.

Regulator China pada hari Jumat mengintensifkan tindakan keras terhadap cryptocurrency dengan larangan menyeluruh pada semua transaksi dan penambangan crypto, memukul bitcoin dan koin utama lainnya dan menekan saham terkait crypto dan blockchain.

Orang asing adalah pembeli bersih saham Korea Selatan senilai 337,2 miliar won di papan utama.

Saham Shinwon Corp, pembuat pakaian Korea Selatan dengan kehadiran di zona industri Kaesong di Korea Utara, ditutup naik 16,2% karena harapan untuk kerja sama antar-Korea meningkat selama akhir pekan.

Won dikutip pada 1,176,8 per dolar, 0,03% lebih rendah dari penutupan sebelumnya di 1,176,5.

Dalam perdagangan luar negeri, won dikutip pada 1.176,9 per dolar, naik 0,2% dari hari sebelumnya, sementara dalam perdagangan forward non-deliverable kontrak satu bulannya dikutip pada 1.177,1.

KOSPI telah meningkat 9,05% sepanjang tahun ini, tetapi kehilangan 4,1% dalam 30 sesi perdagangan sebelumnya.

Imbal hasil obligasi treasury Korea 3-tahun yang paling likuid turun 0,8 basis poin menjadi 1,566%, sedangkan imbal hasil 10-tahun acuan naik 1,8 basis poin menjadi 2,169%.

Besok pagi akan dirilis data Consumer Confidence September Korea Selatan yang diindikasikan turun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Korea Selatan akan mencermati data Consumer Confidence, yang jika terealisir melemah akan dapat menekan bursa Korea Selatan. Namun juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang jika kuat dapat mendukung kenaikan bursa Korea Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here