Bursa Eropa Bergerak Naik Dipimpin Saham Otomotif

795
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa rebound pada hari Kamis, melanjutkan minggu yang telah bergejolak dalam sentimen dan perdagangan pasar global.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,3% pada sore hari, dengan otomotif melonjak 3% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Terpantau indeks FTSE naik 1,22%, indeks DAX naik 1,4%, indeks CAC menguat 1,74%.

Sesi kuat untuk Eropa pada hari Kamis melanjutkan tren ayunan perdagangan liar yang sudah terlihat di bulan Oktober. Pada hari Rabu, sentimen negatif menjadi ciri perdagangan pasar Eropa karena imbal hasil Treasury AS melonjak sebentar, dengan kekhawatiran inflasi membebani pasar global.

Sentimen berubah positif setelah imbal hasil Treasury 10-tahun AS mundur dari tertinggi lebih dari tiga bulan pada hari Rabu dan saham AS bangkit kembali dari posisi terendahnya karena investor membeli penurunan dalam saham teknologi.

Pasar juga bereaksi terhadap laporan ADP bulan September yang menunjukkan bahwa perusahaan swasta merekrut lebih cepat dari yang dipekirakan bulan lalu, meskipun ada kekhawatiran tentang varian delta. Laporan Rabu awalnya mengirim imbal hasil obligasi lebih tinggi, membuat investor khawatir tentang suku bunga dan inflasi dan seberapa cepat Federal Reserve akan mulai menghapus stimulus kebijakan. Titik data AS berikutnya yang menjadi fokus adalah laporan nonfarm payrolls pada hari Jumat.

Bursa saham di Asia-Pasifik naik dengan saham Hong Kong memimpin kenaikan; pasar Cina daratan tetap tutup pada hari Kamis untuk liburan.

Sementara itu saham berjangka AS naik tipis setelah Dow Jones Industrial Average merebut kembali kerugian 459 poin dari Rabu karena kekhawatiran investor tentang kesepakatan plafon utang mereda.

Itu terjadi setelah Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell menawarkan penangguhan jangka pendek dari plafon utang AS untuk mencegah default nasional dan krisis ekonomi, yang para ekonom peringatkan bisa menjadi bencana. Menteri Keuangan AS Janet Yellen memperingatkan Selasa bahwa AS harus “sepenuhnya mengharapkan” resesi jika itu terjadi.

Di sisi data, produksi industri Jerman merosot lebih dari yang diperkirakan pada Agustus karena gangguan rantai pasokan membebani ekonomi terbesar Eropa, angka resmi menunjukkan pada hari Kamis. Output turun 4% bulan-ke-bulan menyusul kenaikan 1,3% pada Juli, menunjukkan jauh lebih buruk daripada perkiraan penurunan 0,4% dalam jajak pendapat Reuters.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, pembuat suku cadang mobil Prancis Valeo melonjak lebih dari 7% pada perdagangan sore hari setelah Citigroup meningkatkan saham dari “jual” menjadi “netral,” di belakang penurunan peringkat baru-baru ini ke ekspektasi konsensus pada produksi industri.

Saham TeamViewer turun 9,3% lebih lanjut setelah jatuh 25% pada hari Rabu, didukung oleh pendapatan kuartalan yang lemah dan pemotongan pedoman setahun penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here