Bursa Hong Kong Berakhir Naik Terbantu Rebound Saham Teknologi dan Properti

729

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Hong Kong pada hari Kamis mencatat kenaikan persentase harian terbesar mereka dalam 10 minggu, mengikuti bursa saham Asia lainnya yang lebih tinggi, dengan saham teknologi rebound sementara pengembang properti utama melonjak setelah pemimpin pusat keuangan itu meluncurkan kebijakan perumahan baru.

Indeks Hang Seng naik 3,07% menjadi 24.701,73, penutupan tertinggi dalam hampir tiga minggu, sedangkan Indeks China Enterprises melonjak 3,57% menjadi 8.713,05.

Saham Meituan melonjak 9,7%, Alibaba melonjak 7,3%, Tencent naik 5,6%, mengirim Hang Seng Tech Index naik 5,2% – hari terbaik sejak 24 Agustus.

** Henderson Land memimpin kenaikan di pengembang properti Hong Kong, melonjak 7,1%. Sun Hung Kai Properties, New World Development, Hang Lung Properties, dan CK Asset naik antara 1,2% dan 3%.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengumumkan pada hari Rabu rencana Metropolis Utara di perbatasan dengan pusat teknologi daratan Shenzhen, seluas 300 km persegi (116 mil persegi). Diperkirakan ada sekitar 926.000 rumah – lebih dari setengahnya akan baru dibangun – untuk sekitar 2,5 juta orang

Sub-indeks properti blue-chip naik 1,98% dan indeks daratan untuk sektor ini naik 1,6%.

Sektor keuangan naik 1,78% dengan Ping An Insurance memimpin kenaikan, melonjak 7%.

Broker mengatakan investor berhati-hati menjelang pembukaan kembali pasar China pada hari Jumat.

Perkebunan China melonjak sebanyak 32,4% ke level tertinggi 4 bulan setelah pemegang saham utama menawarkan untuk menjadikannya pribadi seharga HK$1,91 miliar ($245 juta).

Perusahaan energi melemah karena harga minyak turun di bawah tekanan dari kenaikan tak terduga dalam pasokan minyak mentah AS yang meningkatkan kekhawatiran atas permintaan setelah harga rally ke tertinggi multi-tahun.

CNOOC turun 3,49% dan PetroChina turun 2,42%, mengirim sub indeks energi turun 1,46%.

Analyst Vibiz Researc Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Hong Kong akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika bergerak naik akan memberikan dukungan positif bagi bursa Hong Kong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here