Klaim Pengangguran AS Turun Tajam Pekan Lalu

540
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran turun tajam pekan lalu, demikian laporan Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis.

Pengajuan awal untuk tunjangan pengangguran mencapai 326.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 2 Oktober, di bawah perkiraan Dow Jones 345.000 dan turun dari 364.000 minggu sebelumnya.

Angka-angka itu muncul pada saat sebagian besar program terkait pandemi yang memperpanjang tunjangan pengangguran mereda, dan di tengah harapan bahwa penurunan kasus Covid akan memicu putaran perekrutan yang lebih agresif menjelang musim gugur.

Pasar saham berjangka naik sedikit setelah laporan tersebut, menambah keuntungan yang sudah kuat. Imbal hasil obligasi pemerintah juga lebih tinggi.

Total mingguan adalah level terendah sejak 4 September dan membalikkan tren kenaikan klaim selama tiga minggu terakhir.

Namun, rata-rata pergerakan empat minggu, yang menghaluskan volatilitas mingguan dalam angka, naik tipis ke 344.000.

Klaim lanjutan, yang berjalan seminggu di belakang dan total mereka yang telah mengajukan setidaknya dua minggu tunjangan, juga mencatat penurunan yang sehat, turun 97.000 menjadi 2,71 juta.

Perubahan penting terjadi pada mereka yang menerima manfaat di bawah semua program.

Jumlah tersebut yang berlangsung hingga 18 September, turun 854.638, hampir semuanya berasal dari program terkait pandemi dan manfaat tambahan. Sekarang ada 4,17 juta pekerja yang mendapatkan tunjangan, dibandingkan dengan lebih dari 5 juta untuk minggu sebelumnya dan 24,6 juta tahun lalu.

California menyumbang sebagian besar dari penurunan klaim awal, dengan penurunan 10.513, menurut angka yang tidak disesuaikan. District of Columbia mengalami penurunan sebesar 3.951 dan Texas turun 3.099.

Laporan tersebut muncul sehari menjelang penghitungan nonfarm payrolls Departemen Tenaga Kerja untuk bulan September. Para ekonom memperkirakan laporan itu menunjukkan peningkatan 500.000 pekerjaan dan tingkat pengangguran turun menjadi 5,1%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here