Rekomendasi EUR/USD 13 Oktober 2021: Turun ke 1.1530 karena Menguatnya USD

514

(Vibiznews – Forex) EUR/USD turun ke kerendahan selama 15 bulan pada 6 Oktober di 1.1530, ditengah ZEW Jerman yang mengecewakan dan berbalik menguatnya indeks dolar AS setelah sempat melemah sebentar dari ketinggian hampir setahun di 94.50, ditengah sentimen yang “risk-off”. Naiknya harga energi memicu ketakutan akan inflasi dan menekan minat terhadap resiko. Perbedaan kebijakan moneter yang bertolak belakang antara the Fed – ECB terus menekan turun euro.

Matauang bersama Eropa berada di bawah pada paruh pertama dari minggu ini dengan investor tidak dapat menemukan alasan untuk mengantisipasikan pembalikan arah.

Ditengah perdagangan yang sepi pada hari Senin, pasangan matauang EUR/USD mengakhiri hari dengan berada di teritori negatip dan kemudian masuk ke fase konsolidasi di sekitar 1.1500-an pada hari Selasa.

Mengkomentari outlook inflasi pada hari Senin, kepala ekonom ECB Philip Lane mengatakan bahwa inflasi jangka menengah masih terlalu lambat, belum terlalu cepat dan menambahkan bahwa belum ada yang memicu tindakan kebijakan moneter.

Dengan pandangan yang bertolak belakang dari ECB dengan the Fed, matauang bersama Eropa bisa mengalami kesukaran dalam menarik investor.

Sementara itu, menyebarnya kekurangan energi di Asia, Eropa dan AS telah membuat harga minyak mentah WTI dan gasoline naik membumbung tinggi yang memicu ketakutan akan inflasi dan menekan minat terhadap resiko.

Dalam catatannya pada hari Senin, Reuters mengatakan bahwa di belahan bumi yang jauh lainnya seperti India, sebagian negara bagian mengalami pemadaman total karena kekurangan batubara. Di Cina, pemerintah memerintahkan para penambang batubara untuk meningkatkan produksi batubara dengan harga energi membumbung naik.

“Support” terdekat menunggu di 1.1520  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1475 dan kemudian 1.1440. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1580 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1640 dan kemudian 1.1685.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here