Rekomendasi Minyak 13 Oktober 2021: Berhasil Bertahan di $80

175

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex berhasil bertahan di $80, dengan kembalinya permintaan global terhadap minyak mentah.

Menjinaknya resiko varian baru Covid – 19, Delta, menambah dorongan naik terhadap harga minyak mentah WTI dengan meningkatnya level keberangkatan. Trafik lalulintas udara meningkat sehingga mendukung permintaan terhadap minyak mentah untuk pesawat di Asia Pasifik dan AS.

Pemulihan permintaan atas minyak mentah ini dapat dilihat dari naiknya angka ekspor minyak untuk pesawat ke level tertinggi dari Cina sejak dimulainya pemulihan karena diberikannya stimulus pada musim panas 2020.

Para analis memperkirakan berpindahnya pemakaian gas alam ke minyak mentah bisa menambah permintaan minyak mentah dari 250.000 menjadi 750.000 barel per hari.

Reuters mengatakan bahwa di belahan bumi yang jauh lainnya seperti India, sebagian negara bagian mengalami pemadaman total karena kekurangan batubara. Di Cina, pemerintah memerintahkan para penambang batubara untuk meningkatkan produksi batubara dengan harga energi membumbung naik.

“Support” terdekat menunggu di $78.37 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.63 dan kemudian $76.94. “Resistance” yang terdekat menunggu di $80.48 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $81.22 dan kemudian $83.78

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here