Rekomendasi GBP/USD 14 Oktober 2021: Berhasil Tembus ke atas 1.3650 karena Melemahnya USD

398

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan naik menembus 1.3650 di sekitar 1.3661 meskipun GDP bulan Agustus Inggris meleset dari yang diperkirakan dengan angka 0.4%. Melemahnya dollar AS secara luas, membuat pasangan matauang ini tetap bisa bertahan di atas. Sikap BoE yang hawkish berhasil mengatasi keprihatinan mengenai Brexit di tengah sentimen pasar yang berhati-hati.

Data dari Inggris menunjukkan bahwa GDP Inggris bulan Agustus adalah sebesar 0.4% secara bulanan dibandingkan dengan yang diperkirakan sebesar 0.5% setelah sempat terkontraksi pada bulan Juli di 0.1%. Namun, Office for National Statistics Inggris melaporkan bahwa Industrial Production dan Manufacturing Production kedua-duanya bertumbuh dengan kecepatan yang lebih kuat daripada yang diperkirakan.

Melemahnya dollar AS ditengah turunnya yields obligasi treasury AS kelihatannya telah membantu pemulihan GBP/USD terlepas dari melesetnya angka GDP Inggris bulan Agustus.

Pada akhir minggu Bank of England memberikan signal bahwa kenaikan tingkat bunga sudah diambang pintu. Gubernur BoE Andrew Bailey memperingati potensi yang merusak dari inflasi kecuali para pembuat kebijakan mengambil langkah penyelamatan. Selain itu, Michael Saunders, salah satu anggota yang paling hawkish dari MPC BoE, mengatakan bahwa investor sudah benar memperkirakan akan ada kenaikan tingkat bunga.

Sikap BoE yang hawkish mengimbangi the Fed. Presiden the Fed cabang Atlanta Raphael Bostic mengatakan bahwa perlambatan di dalam pasar tenaga kerja AS tidak akan mengganggu jadwal taper dari the Fed.

“Support” terdekat menunggu di 1.3610 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3580 dan kemudian 1.3540.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3675 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3695 dan kemudian 1.3730.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here