Rekomendasi Minyak 14 Oktober 2021: Berhasil Bertahan di $80

140

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex gagal bertahan di atas $80. Harga minyak mentah WTI sempat berkonsolidasi dekat kerendahan harian di bawah $80 di sekitar $79.38, sebelum akhirnya naik kembali ke $80 karena melemahnya dollar AS secara luas.

Turunnya harga minyak mentah WTI  disebabkan karena berkurangnya minat terhadap resiko yang mengakibatkan turunnya minat terhadap assets beresiko.

Keprihatinan terhadap naiknya inflasi ditengah membumbungnya harga energi dunia, membebani sentimen investor. Krisis energi ini mengancam mempengaruhi pemulihan ekonomi global pasca pandemik secara negatip.

Dari sisi tehnikal jangka pendek, turunnya harga WTI terjadi setelah menghadapi penolakan di tren resistance $81.28 pada grafik 4 jam.

Melemahnya dollar AS secara luas, ditengah turunnya yields obligasi treasury AS kelihatannya telah membantu menaikkan kembali harga minyak mentah WTI yang sempat turun.

“Support” terdekat menunggu di $78.95 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.92 dan kemudian $76.94. “Resistance” yang terdekat menunggu di $80.48 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $81.15 dan kemudian $82.31

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here