BEI: Jamin Aturan Multiple Voting Share (MVS) Segera Terbit, untuk Lindungi Seluruh Investor Publik

431

(Vibiznews – IDX Stocks) – Bursa Efek Indonesia menjamin aturan multiple voting share (MVS) yang bakal diterbitkan akan tetap melindungi seluruh investor publik. Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan bursa akan menjamin perlindungan investor publik ketika beleid tersebut ditetapkan.

BEI akan memberikan notasi khusus pada perseroan yang mendapatkan izin MVS. “Kami akan menaruh notasi khusus terkait MVS bahwa ada perbedaan bobot dalam pengambilan suara. Notasi khusus itu akan ditaruh pada kode ticker saham sehingga investor mengetahui emiten tersebut memiliki MVS atau tidak,” katanya Jumat (15/10/2021).

Nyoman menambahkan implementasi MVS akan langsung diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, regulator juga akan menetapkan kriteria apa saja yang dibutuhkan emiten untuk mendapatkan izin MVS.

Menurutnya perbedaan bisnis model dan valuasi akan menjadi salah satu penilaian. Terkait aturan anyar itu, saat ini sedang ada peninjauan minor dari para pemangku kepentingan mengenai perlindungan investor.

Terdapat tiga hal yang menjadi sorotan utama:
Pertama, klausa mengenai kelayakan jangka waktu pemberian MVS sebelum menjadi saham biasa.
Kedua, klausa mengenai perubahan MVS menjadi saham biasa ketika pemegangnya meninggal, mengalihkan saham atau kehilangan kendali atas perusahaan. “Kami percaya OJK memiliki pertimbangan untuk tetap melindungi para investor,” imbuhnya.
Terakhir adalah jumlah minimum pemegang saham publik dalam pengambilan keputusan saat RUPS.

BEI optimistis aturan tersebut akan diterbitkan sebentar lagi oleh OJK. Sementara BEI, tengah mengembangkan papan baru khusus untuk para perusahaan non-konvensional yang akan menyesuaikan dengan aturan baru. Dimana papan baru itu akan mengakomodasi perusahaan non-konvensional dengan kapitalisasi pasar yang besar.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here