BEI: Tiga Subsektor Teknologi Akan Pimpin Sektor Pasar Modal, Apa Saja?

438

(Vibiznews – IDX Stocks) – Bursa Efek Indonesia memperkirakan tiga subsektor teknologi ini akan menjadi pemimpin sektor pasar modal.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan terdapat 11 subsektor teknologi yang akan menjadi pemimpin pasar. Di antaranya adalah artificial intelligence, internet of things (IoT), big data, blockchain, 3D Printing, robotics, drones, gene editing, 5G, nanoteknologi dan solar panel.

“Para teknologi tersebut akan memberikan dampak yang luas bagi sosial dan ekonomi serta kemajuan teknologi lainnya,” katanya Jumat (15/10/2021).

Pada 2025, kapitalisasi pasar ke-11 subsektor itu diperkirakan dapat mencapai US$3,2 triliun. Jumlah itu naik signifikan bila dibandingkan dengan 2018 sebesar US$350 miliar.
Dari ke 11 subsektor teknologi tersebut, Nyoman menilai hanya akan ada tiga subsektor yang akan memimpin pasar modal yaitu IoT, Robotics dan solar panel.

Adapun kapitalisasi pasar subsektor IoT diperkirakan mampu menyentuh US$3,2 triliun. Selain itu, Nyoman optimistis pasar modal mampu menggaet lebih banyak perusahaan untuk maju menjadi emiten.

Sementara pemerintah menjanjikan rasio pajak yang rendah dibandingkan dengan negara tetangga dan Indonesia menjadi negara dengan pencatatan saham tertinggi di kawasan ASEAN.

Menurutnya pencatatan saham di Thailand hanya sebanyak 24 perusahaan, Malaysia 23 perusahaan, Filipina 4 perusahaan dan Singapura 1 perusahaan.

“Sampai dengan September tahun ini, BEI mencatat ada 38 perusahaan yang IPO di BEI, dan di pipeline masih terdapat beberapa perusahaan dalam pipeline bursa,” katanya.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here