Rekomendasi Emas 15 Oktober 2021: Naik karena Berbagai Faktor

1409

(Vibiznews – Commodity) Harga emas membukukan keuntungan pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis dan menyentuh ketinggian empat minggu dalam perdagangan semalam. Emas terdorong naik oleh karena membaiknya postur grafik jangka pendek, turunnya indeks dollar AS dari ketinggiannya baru-baru ini dan dengan pandangan bahwa inflasi akan menjadi lebih bermasalah pada bulan-bulan yang akan datang.

Emas berjangka kontrak bulan Desember naik $5.10 ke $1.798.00 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Desember naik $0.115 ke $23.28 per ons.

Pasar saham global bervariasi namun kebanyakan naik pada perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik Ketika perdagangan sesi New York dimulai.

Data ekonomi yang keluar dari AS adalah laporan Producer Price Index (PPI) untuk bulan September, yang naik 0.6% dibandingkan dengan kenaikan 0.7% di bulan Agustus.

Setelah data dipublikasikan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS menyatakan bahwa Consumer Price Index (CPI) Inti AS di bulan September tetap tidak berubah di 4% secara basis tahunan, yields obligasi treasury AS mulai turun. Dengan turunnya yield obligasi AS, dollar AS mengalami aksi jual secara luas. Indeks dollar AS membukukan penurunan terbesar lebih dari 0.5% dalam satu hari lebih dari 5 bulan.

Di Cina PPI bulan Agustus naik 9.5% dan PPI bulan September naik lebih tinggi lagi ke rekor 10.7% secara tahunan.

Angka inflasi dengan berbagai ukuran dari negara-negara dengan ekonomi utama di dunia menunjukkan bahwa naiknya inflasi bukan sekedar sementara seperti yang dikatakan berulang-ulang oleh kepala the Fed Jerome Powell.

Kelihatannya para trader emas pada akhirnya menyadari bahwa tekanan naiknya inflasi adalah faktor yang bullish bagi emas sebagaimana yang ditunjukkan oleh sejarah.

“Support” terdekat menunggu di $1,787 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,775 dan kemudian $1,749. “Resistance” terdekat menunggu di $1,800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,815 dan kemudian $1,823.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here