Rekomendasi GBP/USD 15 Oktober 2021: Naik karena Melemahnya USD dan Optimisme Brexit

923

(Vibiznews – Forex) Setelah berhasil naik menembus 1.3700 ke sekitar 1.3719, karena permintaan dari berita-berita yang positip mengenai Brexit, perkiraan akan kenaikan tingkat bunga dari BoE dan turunnya dollar AS, GBP/USD berbalik turun ke bawah 1.3700 ke sekitar 1.3684.

Uni Eropa melepaskan rencananya pada hari Rabu untuk mengurangi pemeriksaan atas barang-barang setelah Brexit.

Pasangan matauang GBP/USD menembus rentang perdagangan mingguan pada hari Rabu dan memperpanjang kenaikannya menembus 1.3700 pada hari Kamis ditengah melemahnya dollar AS dan optimisme akan Brexit.

Setelah data dipublikasikan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS menyatakan bahwa Consumer Price Index (CPI) Inti AS di bulan September tetap tidak berubah di 4% secara basis tahunan, yields obligasi treasury AS mulai turun. Dengan turunnya yield obligasi AS, dollar AS mengalami aksi jual secara luas. Indeks dollar AS membukukan penurunan terbesar lebih dari 0.5% dalam satu hari lebih dari 5 bulan.

Namun, pada hari Kamis yields obligasi AS 10 tahun bertahan di atas batas kritikal 1.5%. Sepanjang level ini tetap dapat dipertahankan, dollar AS bisa mendapatkan kembali kekuatannya dan bisa membatasi kenaikan dari GBP/USD.

Proposal Uni Eropa untuk melonggarkan tekanan terhadap pergerakan barang ke Irlandia Utara dinilai sebagai langkah positip ke arah solusi yang solid.

Di dukung oleh BoE dengan outlook yang hawkish dan berita Brexit yang positip, GBP/USD kelihatannya akan bisa bertahan bahkan apabila dollar berhasil naik kembali.

“Support” terdekat menunggu di 1.3680 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3640 dan kemudian 1.3600.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.3720 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3750 dan kemudian 1.3780.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here