Pefindo: Update Pemeringkatan per Q3 Tahun 2021

236
Foto : Dokumentasi Vibiznews

(Vibiznews – Bond & Mutual) Dalam press conference yang dilakukan secara virtual melalui Zoom, Senin (18/10/2021), Pefindo memberikan update kinerja di Q3 tahun 2021 mengenai apa saja yang telah Pefindo lakukan.

Analis Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan Pefindo Danan Dito menyampaikan bahwa terdapat 43 pekerjaan dari Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan atau F1 Rating, Namun jumlah rating (termasuk  withdrawn) ada 43, namun ada 39 perusahaan dilakukan review  lebih dari 1x.

Jika dilihat dari rating distribution sektor perbankan dan multifinance maka Jumlah portofolio perbankan adalah 37, termasuk 1 unsolicited, sedangkan portofolio  multifinance adalah 36, dengan 2 unsolicited. Sedangkan kalau dari segi peringkat, baik di sektor perbankan dan multifinance, cukup banyak yang masih kuat (A atau lebih tinggi). Sedangkan pemeringkat BB di industri multifinance banyak direpresentasikan di sektor IT services.

Secara finansial, rasio yang paling terdampak adalah bagian profitabilitas, karena berkurangnya arus kas dari restrukturisasi dan kenaikan biaya pencadangan.

Untuk sektor asuransi ada 28 portofolio, termasuk 4 yang merupakan unsolicited. Di sektor ini tidak banyak mengalami perubahan peringkat, dengan penurunan premi terimbangi oleh penurunan klaim, namun terdampak juga oleh hasil investasi yang lebih rendah.  Untuk Rasio-rasio keuangan lainnya (likuiditas dan permodalan) masih stabil, ungkap Danan.

Danan Dito juga menyampaikan bahwa ada beberapa perubahan pemeringkat dimana PNM (Persero) yang sebelumnya peringkat idA+ / positif menjadi idAA/ stabil. Bank Mayapada yang sebelumnya peringkat idBBB+/ negatif menjadi idBBB+/ stabil. Danareksa (Persero) yang sebelumnya peringkat idA/ stabil menjadi idA/ positif. Dan Danareksa Finance tidak mengalami perubahan yaitu di peringkat idA-/ stabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here