Rekomendasi Mingguan EUR/USD 18 – 22 Oktober 2021: Bisa Turun ke Terendah di 2021?

1197

(Vibiznews – Forex) EUR/USD turun dari ketinggian beberapa minggu lalu di 1.1750 ke 1.1523 pada minggu yang lalu, namun berhasil menutup minggu lalu di posisi mendekati 1.16 di 1.1597, setelah Retail Sales AS keluar sesuai dengan yang diperkirakan di 0.7% pada bulan September dan sentimen risk-on di pasar terus mendukung naik EUR/USD.

Pasangan matauang EUR/USD berbalik naik setelah turun mencapai kerendahan yang baru di tahun 2021 di 1.1523, dan berhasil mencapai 1.1600. Dolar AS berbalik turun setelah kenaikan yang tajam pada minggu lalu, walaupun matauang bersama adalah yang terlemah di Pada awal minggu lalu pasar dibuat bingung oleh data inflasi AS yang menunjukkan Consumer Price Index (CPI) mengatasi yang diperkirakan dengan kenaikan tahunan di 5.4%, namun CPI inti tetap stabil di 4% pada bulan September. Level umum yang tinggi semula mendorong naik dollar AS, namun jatuhnya yields treasuries AS sesudahnya membuat dollar AS turun lagi.

Para pejabat the Fed memberikan pesan bervariasi mengenai inflasi. Sementara Richard Clarida berkata itu akan turun, Raphael Bostic berpikir inflasi akan tetap bertahan.

Risalah pertemuan FOMC membantu memberikan gambaran yang jelas. The Fed memberikan jadwal waktu dari permulaan proses “tapering” yang dimulai pada pertengahan bulan November dan akan berakhir dalam 8 bulan. Bank sentral ini secara eksplisit mengatakan berniat mengurangi pembelian sebanyak $15 miliar per bulan dari yang diperkirakan sebesar $20 miliar.

Kecepatan yang relatif  moderat ini membebani dollar AS dan memberikan sebagian kejelasan.

Penjualan ritel AS mengatasi daripada yang diperkirakan dengan kenaikan 0.7% di bulan September – jauh di atas 0.2% yang diproyeksikan dan di atas dari revisi naik. Angka inti juga melebihi daripada yang diperkirakan. Namun kabar baik dari konsumen AS ini hanya berhasil menahan sementara kenaikanantara para saingannya.

Data ekonomi Eropa yang lemah dan komentar dari para pembuat kebijakan ECB terus menekan permintaan akan EUR. ECB masih jauh dari mengurangi program fasilitasnya dan mempertahankan posisi yang akomodatif.

Jerman mempublikasikan ZEW survey mengenai Economic Sentiment yang terkontraksi tajam di seluruh Uni Eropa. Inflasi Jerman dikonfirmasi berada pada 4.1% YoY, sementara neraca perdagangan Uni Eropa bulan Agustus membukukan surplus senilai €11.1 miliar.

Di AS, setelah isu batas hutang diperpanjang, Demokrat memiliki waktu untuk bergerak lagi dengan dua undang-undang belanja.

Tidak adanya berita berarti negosiasi terus berlanjut. Setiap kesepakatan akan bisa mendorong naik sentimen, sementara itu setiap tidak ada kesepakatan akan membebani sentimen pasar.

Investor juga akan melihat apakah klaim pengangguran tetap di bawah 300.000. PMI pendahuluan untuk bulan Oktober dari Markit juga menarik perhatian. Di bulan September, manufaktur mencapai 60 poin yang merefleksikan pertumbuhan yang kuat sementara jasa di sekitar 55, menunjukkan ekspansi yang solid dan moderat.

“Support” terdekat menunggu di 1.1573  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1525 dan kemudian 1.1460. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1620 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1670 dan kemudian 1.1700.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here