Rekomendasi EUR/USD 22 Oktober 2021: Turun dengan Naiknya USD

960

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan di sekitar 1.1631, turun dari ketinggian bulanan di 1.1670. Dolar AS mendapatkan sedikit tawaran beli di tengah sentimen yang buruk dan rally yields treasury AS. Para pejabat ECB masih terus mengumandangkan sikap yang dovish.

Pasangan matauang EUR/USD mempertahankan momentum bullish-nya dan membukukan penutupan harian tertinggi sejak akhir September di 1.1650 pada hari Rabu didukung oleh melemahnya USD tanpa terbendung.

Namun saat ini masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa kenaikan baru-baru ini adalah permulaan dari “reversal” dan bukannya koreksi dengan para investor tidak mungkin mengabaikan kebijakan outlook ECB yang dovish.

Pada hari Rabu, Jens Weidmann, Presiden dari Bundesbank dan anggota Dewan ECB mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri dari posisinya pada akhir tahun. Weidmann dikenal sebagai orang yang hawkish dan juga pengkritik kuat terhadap kebijakan moneter yang ultra longgar dari ECB. Keluarnya Weidmann berarti bank sentral Uni Eropa ini tidak akan menghadapi oposisi yang kuat lagi. Terlebih lagi Francois Villeroy de Galhau anggota Dewan ECB lainnya mengulangi bahwa ECB bisa bersabar dengan kenaikan inflasi diperkirakan tetap bersifat sementara.

Sementara itu, dollar AS berusaha bangkit meskipun tetap berada di bawah dengan rally Wall Street membuat arus resiko terus mendominasi pasar keuangan.

“Support” terdekat menunggu di 1.1600  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1560 dan kemudian 1.1525. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1670 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1700 dan kemudian 1.1720.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here