Rekomendasi Mingguan Minyak 25 – 29 Oktober 2021: Terkonsolidasi Setelah Rally 6 Minggu.

281

(Vibiznews – Commodity) Setelah naik dari kerendahan di $73 pada minggu – minggu sebelumnya ke $81.40, pada minggu ini harga minyak Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, melanjutkan kenaikannya ke ketinggian baru selama 7 tahun di $83.80 per barel, didukung oleh masih kuatnya permintaan minyak memasuki musim dingin dan melemahnya dolar AS, meskipun pergerakan naik sudah mulai melambat.

Harga minyak mentah WTI sebelumnya sempat turun dengan kanselir Jerman, Angela Merkel, dan kepala Federal Reserve AS, Jerome Powell, memperingatkan akan disrupsi permintaan jika Covid-19 kembali muncul. Naiknya kembali kasus virus Corona di Cina dan Rusia telah menaikkan keprihatinan bahwa pandemik masih belum selesai.

Selanjutnya, pada hari Kamis, laporan yang dirilis oleh National Oceanic And Atmospheric Administration menunjukkan bahwa musim dingin yang akan datang diperkirakan akan lebih hangat dibandingkan dengan musim dingin yang rata-rata pernah terjadi di Amerika Serikat. Hal ini menambah tekanan negatip bagi minyak mentah berjangka.

Namun kemudian, laporan dari Baker Hughes menunjukkan penurunan pertama di dalam penyulingan minyak mentah dalam 7 minggu terakhir. Jumlah penyulingan minyak mentah AS turun untuk pertama kalinya di dalam minggu ini dari 445 ke 443, sementara itu gas alam turun satu menjadi 542.

“Support” terdekat menunggu di $82.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $81.50 dan kemudian $80.80. “Resistance” yang terdekat menunggu di $83.89 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $85.35 dan kemudian $86.99.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here