Rekomendasi Mingguan Minyak 8 – 12 November 2021: Naik karena Keputusan OPEC+

291

(Vibiznews – Commodity)  Setelah turun dari $83 ke $82.60 memasuki awal minggu perdagangan yang baru pada minggu lalu, harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex melanjutkan penurunannya. Harga WTI turun tajam menembus $80 ke $79.22, Sebagian oleh karena faktor tehnikal dan sebagian oleh karena Iran diperkirakan akan memasok supply minyak lagi.

Namun pada penutupan perdagangan sesi AS hari Jumat minggu lalu, harga minyak mentah WTI naik kembali ke $80.45 dengan keputusan OPEC+ yang tetap mempertahankan tingkat produksinya tidak berubah.

Pada pertemuan OPEC+ hari Kamis, kartel minyak terbesar ini, sebagaimana dengan yang telah diperkirakan secara luas, tidak mengambil langkah deviasi dari rencana sekarang untuk menaikkan produksi dari tingkat produksi 400.000 barel per hari tiap bulannya, mengabaikan permintaan dari AS dan dunia untuk menambah produksinya.

Pandangan bahwa OPEC+ tidak menaikkan produksi cukup cepat untuk mengimbangi kenaikan permintaan minyak global, yang menurut beberapa perusahaan minyak Eropa dan AS yang melaporkan penghasilannya minggu lalu, sekarang telah kembali ke level sebelum pandemik, telah menjadi faktor kunci yang mendukung kenaikan harga minyak sebanyak 20% dari awal bulan September.

Kenaikan harga minyak akibat keputusan OPEC+ untuk tidak mau menambah jumlah produksinya ini mengabaikan angka yang kuat dari pasar tenaga kerja AS yang keluar pada hari Jumat minggu lalu yang mendorong naik dollar AS.

Dollar AS kembali naik karena keluarnya laporan NFP AS di 531.000 yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan di 425.000 dan juga karena kenaikan upah ke 4.9% YoY.

“Support” terdekat menunggu di $80.27 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $80.07 dan kemudian $79.58. “Resistance” yang terdekat menunggu di $80.75 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $81.03 dan kemudian $81.51.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here