Rekomendasi Minyak 11 November 2021: Turun ke bawah $80.50 karena Laporan Departemen Energi AS

270

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex turun ke $80.44.

Harga minyak WTI turun setelah keluarnya laporan inventori minyak mentah AS. Laporan inventori minyak mentah AS yang terbaru dari Departemen Energi Amerika Serikat, menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah umum meningkat lebih dari 1 juta barel pada minggu lalu.

Sementara sebagian partisipan pasar memperkirakan persediaan minyak mentah umum Amerika Serikat ini berkurang setelah keluarnya data inventori mingguan minyak mentah swasta oleh American Petroleum Institute (API) dimana menurut API stok minyak mentah AS berkurang lebih dari 2 juta barel.

Faktor lain yang membebani harga minyak mentah WTI adalah naiknya dollar AS setelah keluarnya data makro ekonomi AS yang menunjukkan bahwa Consumer Price Inflation (CPI) AS meningkat melebihi daripada yang diperkirakan.

Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Rabu mengatakan bahwa Consumer Price Index (CPI) naik 0.9% pada bulan Oktober, setelah kenaikan 0.4% pada bulan September. Angka ini lebih tinggi dari perkiraan di dalam konsensus dimana para ekonom memperkirakan kenaikan sebesar 0.6%. Hal ini mengakibatkan dollar AS yang safe-haven diburu investor.

“Support” terdekat menunggu di $80.27 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $80.07 dan kemudian $79.58. “Resistance” yang terdekat menunggu di $81.47 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $82.57 dan kemudian $84.23.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here