Bursa Jepang Berakhir Naik Dikuatkan Saham Teknologi

300
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Jepang menguat pada hari Kamis, dipimpin oleh saham teknologi, terpicu bargain hunting setelah kerugian tajam di sesi sebelumnya.

Indeks Nikkei naik 0,67% menjadi ditutup pada 29.499,28 poin, sedangkan indeks Topix yang lebih luas naik 0,33% menjadi 2.025,69.

Saham Wall Street ditutup lebih tinggi menjelang liburan Thanksgiving AS, dengan Nasdaq Composite didukung oleh kenaikan teknologi.

Rekan-rekan mereka di Jepang mengikuti Nasdaq, dengan pembuat game Sony Group naik 1,39%, pembuat wafer Shin-Etsu Chemical naik 1,57% dan pembuat peralatan pembuat chip Tokyo Electron naik 0,6 %.

Eksplorasi minyak termasuk di antara yang berkinerja terbaik di 33 sub-indeks sektor di bursa Tokyo, naik 1,85%, karena harga minyak sebagian besar tetap stabil.

Pembuat yogurt probiotik Yakult Honsha naik 0,51% setelah klub bisbol profesionalnya Yakult Swallows meraih satu kemenangan dari kejuaraan Seri Jepang.

ANA Holdings kehilangan 5,65% karena maskapai mengumpulkan dana melalui penjualan obligasi konversi.

Rekan-rekan ANA turun 3,89% dan merupakan yang berkinerja terburuk di antara sub-indeks, sementara kereta api naik 1,55%.

Mitsui & Co naik 2,32% dan merupakan pemenang persentase teratas di antara 30 nama inti Topix teratas, diikuti oleh Fanuc, yang naik 2,29%.

Recruit Holdings, kehilangan 2,26%, adalah yang berkinerja terburuk di antara 30 nama Topix teratas, diikuti oleh Toyota Motor  yang kehilangan 0,59%.

Esok pagi akan dirilis data Tokyo CPI November yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan sementara bursa Wall Street libur hari Thanksgiving, maka sentimen yang akan dicermati dari dalam Jepang sendiri yaitu bursa data Tokyo CPI November, yang jika terealisir naik akan menguatkan bursa Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here