Bursa Eropa Merosot Tertekan Kekhawatiran Varian Covid-19

790
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa jatuh pada hari Jumat di tengah kekhawatiran atas varian baru Covid-19 yang dilaporkan memiliki banyak mutasi.

Indeks Stoxx 600 Eropa jatuh 2,8%, dengan saham perjalanan dan liburan turun 6,3% untuk memimpin kerugian karena semua sektor dan bursa utama turun tajam ke wilayah negatif.

Terpantau indeks FTSE 100 dan DAX merosot sekitar 3%. Indeks CAC 40 jatuh -3,78%.

Investor Eropa sudah memantau krisis Covid akut di kawasan itu minggu ini di tengah meningkatnya infeksi yang telah mendorong beberapa negara untuk memperkenalkan pembatasan Covid baru.

Italia mengumumkan Rabu malam bahwa mereka akan memperkenalkan langkah-langkah Covid yang lebih ketat dan Jerman telah menghindari penguncian lain, dengan pemerintah yang akan datang dilaporkan ingin menunggu dan melihat apakah aturan paspor Covid yang lebih ketat membantu mengurangi kasus yang meningkat di sana.

Namun semalam, kekhawatiran atas varian baru Covid mulai meningkat, dengan Inggris menangguhkan sementara penerbangan dari enam negara di Afrika selatan. Varian Covid baru memiliki lebih dari 30 mutasi pada protein lonjakan, menurut para ilmuwan Afrika Selatan, dan WHO mengadakan pertemuan khusus pada hari Jumat untuk membahas apa artinya itu bagi vaksin dan perawatan.

Pasar AS ditutup pada hari Kamis untuk Thanksgiving dan akan ditutup lebih awal pada hari Jumat dalam sesi yang dipersingkat. Futures untuk Dow Jones Industrial Average turun lebih dari 800 poin pada Jumat pagi di tengah kekhawatiran baru terhadap Covid.

Saham di Asia-Pasifik juga terpukul keras pada hari Jumat, dengan indeks Hang Seng Hong Kong dan Nikkei 225 Jepang keduanya turun lebih dari 2,5% untuk memimpin kerugian.

Induk British Airways, IAG, anjlok lebih dari 14% didukung oleh berita varian, memimpin penurunan luas untuk saham perjalanan dan liburan yang juga melihat saham-saham seperti Tui, Rolls-Royce, Airbus dan Karnaval jatuh.

Di puncak Stoxx 600, perusahaan biotek Italia DiaSorin, apotek online Swiss Zur Rose Group dan perusahaan pengujian laboratorium yang berbasis di Luksemburg, Eurofins Scientific, semuanya naik lebih dari 7%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati sentimen di akhir pekan ini, jika sentimen peningkatan kasus covid-19 di kawasan Eropa dan kekhawatiran varian baru covid-19 meningkat, akan menekan bursa Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here