Harga Kopi Robusta Naik Sulitnya Pengiriman Ekspor

558

Vibiznews – Commodity) – Harga kopi Robusta di London pada penutupan pasar hari Kamis naik, mengikuti kenaikan dari Kopi Arabika pada hari Rabu yang naik ke harga tertinggi 10 Tahun.

Harga kopi Robusta Januari di ICE London naik 0.5% menjadi $2,292 perton.

Biji kopi segar dari Vietnam di 2021/22 (Oktober – Segar) belum datang setelah panen, karena pada saat panen hujan turun di daerah perkebunan kopi sehingga tidak ada pekerja yang mengambil biji kopi sehingga proses selanjutnya terganggu.

Namun pada Laporan dari US Department of Agriculture perkiraan ekspor kopi hijau Vietnam naik 4.5% dari tahun lalu menjadi 22.9 juta kantong

Harga kopi Robusta juga naik setelah USDA FAS pada hari Jumat lalu mengurangi perkiraan ekspor kopi Vietnam di 2021/22 menjadi 25.8 juta kantong dari 28.8 juta kantong karena tingginya biaya pengiriman dan berkurangnya container pengiriman.

Harga kopi Robusta pada akhir bulan lalu naik ke harga tertinggi 10 tahun karena kekurangan container untuk pengiriman kopi di Vietnam, negara penghasil kopi Robusta terbesar di dunia. Ekspor kopi Vietnam turun setelah Vietnam ‘s General Department of Customs melaporkan bahwa ekspor kopi Vietnam dari Januari – Oktober turun 4.2% dari tahun lalu menjadi 1.29 MMT.

Harga kopi Arabika Maret naik 1.4% menjadi $2,4540 pada hari Rabu setelah naik ke tertinggi $2.4755 tertinggi sejak Oktober 2011.

Harga kopi Arabika diperkirakan akan terus naik karena kekurangan container untuk mengirimkan kopi, kekhawatiran pengiriman dan turunnya persediaan di ICE.

Harga kopi Arabika kembali naik ke harga tertinggi 10 tahun, kopi Arabika naik karena perkiraan persediaan global turun, karena cuaca yang tidak mendukung dan gangguan rantai pasokan.

Maxar Technologies pada hari Rabu memperkiraka bahwa hujan akan turun sedikit di Brazil untuk 10 hari ke depan, sehingga kelembaban tanah berkurang membuat tanaman stress sehingga sulit berbuah. Periode penting yaitu berbunganya tanaman kopi dimulai bulan lalu, dan hujan yang berkurang akan membuat tanaman kopi berbunga lebih sedikit dan mengurangi hasil panen kopi.

Harga kopi Arabika juga naik karena penundaan pengiriman kopi, menurut Cecafe pengiriman kopi antara Januari dan Oktober tertunda 3.7 juta kantong karena penundaan pengiriman dan masalah logistik. Pengiriman kopi ke AS yang biasanya dalam waktu 1 bulan sekarang menjadi 100 hari.

Cecafe melaporkan pada 12 Nopember bahwa ekspor kopi hijau di Brazil pada bulan Oktober turun 25.2% dari tahun lalu menjadi 3.12 juta kantong. Eksportir kopi masih kesulitan mencari tempat di container pada kapal-kapal sementara menghadapi pembatalan pesanan akibat harga yang mahal.

Analisa tehnikal untuk kopi Robusta dengan support pertama di $2250 dan berikut ke $2160 sedangkan resistant pertama di $2340 dan berikut ke $2400.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here