Rekomendasi Mingguan Minyak 29 November – 3 Desember 2021: Kembali Tertekan oleh Merebaknya Varian Baru Covid – 19.

339

(Vibiznews – Commodity) Minggu lalu, minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, melanjutkan penurunannya dari awal minggu di $75.71 ke bawah $70.00 dengan isu akan dilepaskannya cadangan minyak pemerintah untuk menahan kenaikan harga minyak mentah dan untuk menurunkannya, yang menyebabkan harga minyak mentah WTI mengalami penurunan sekitar 11% ke $68.05, terburuk sejak harga minyak mentah menjadi negatip pada tahun lalu.

Penurunan harga minyak mentah WTI bertambah kencang dengan negara-negara di dunia sudah (atau sebagian sedang mempertimbangkan dengan segera), memberlakukan larangan berpergian terhadap negara-negara yang dicurigai sebagai sumber dari varian baru Covid – 19 seperti Afrika Selatan.

Varian baru Covid ini telah mempengaruhi travel global. Uni Eropa telah melarang penerbangan dari Afrika Selatan. Negara-negara Eropa lainnya malah telah melangkah lebih jauh, melarang penerbangan dari Afrika Selatan dan negara-negara Afrika lainnya. Inggris juga telah melarang penerbangan dari Afrika Selatan dan negara-negara tetangganya.

Bersamaan dengan munculnya varian baru, Eropa juga sedang berjuang menghadapi gelombang baru infeksi virus corona. Negara-negara seperti Jerman sedang akan memberlakukan langkah – langkah lockdown yang baru.

Dengan menyebarkan varian Covid – 19 yang baru, yang diperkirakan akan masuk ke negara-negara lain pada minggu – minggu yang akan datang, sangat besar kemungkinan akan diberlakukan lagi restriksi berpergian lebih lanjut. Semua ini akan menjadi bencana bagi permintaan minyak untuk pesawat jet, yang merupakan komponen kunci dari konsumi minyak mentah global.

“Support” terdekat menunggu di $67.62 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $67.14 dan kemudian $65.91. “Resistance” yang terdekat menunggu di $68.85 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $69.63 dan kemudian $70.83.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here