Bursa Hong Kong Ditutup Merosot Terendah 1 Tahun Tertekan Kekhawatiran Regulasi Teknologi

331

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Hong Kong jatuh ke level terendah satu tahun pada hari Selasa karena kekhawatiran regulasi menggantung di sektor teknologi dan penangkapan bos perjudian Alvin Chau membuat investor tidak bergabung dengan rebound global dari kekhawatiran COVID-19.

Indeks Hang Seng turun -1,58% pada 23.475,26, terendah sejak September 2020. Indeks telah kehilangan lebih dari 7% untuk bulan ini, penurunan terbesar sejak Juli.

Pedagang mengatakan berita minggu lalu tentang tekanan pada perusahaan ride-hailing Didi Global untuk de-list di New York mendorong ketakutan akan lebih banyak peraturan di ruang teknologi. Spekulasi bahwa NetEase, bisa menjadi target menyeret saham 7% lebih rendah.

Saham HK Alibaba (9988.HK) turun 2,7% ke level terendah sejak listing. Rekan raksasa online Tencent (0700.HK) turun 1,6% dan perusahaan pengiriman makanan Meituan (3690.HK) memperpanjang penurunan Senin sebesar 3% lagi untuk mencapai level terendah hampir delapan minggu.

Saham perusahaan perjudian Makau Suncity Group Holdings Ltd (1383.HK) hampir setengahnya setelah melanjutkan perdagangan setelah CEO Alvin Chau ditangkap pada hari Minggu. Investor juga khawatir bahwa sektor game mungkin hanyut ke garis bidik otoritas.

Operator kasino Sands China (1928.HK), Galaxy Entertainment (0027.HK) dan Wynn Macau (1128.HK) juga memperpanjang kerugian. Tahun ini, saham perjudian yang terdaftar di HK (.CSICESG10) telah kehilangan 40%.

Pasar sedang menunggu perincian lebih lanjut tentang virulensi varian virus corona Omicron, sementara Hong Kong memperluas larangan masuk untuk non-penduduk dari beberapa negara dan Australia meninjau langkah-langkah penahanan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Hong Kong akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, dimana malam ini akan ada pernyataan dari pejabat-pejabat The Fed seperti Powell, Williams dan Clarida. Jika pernyataan para pejabat The Fed memicu kembali kenaikan suku bunga AS lebih cepat, dapat menekan bursa Wall Street dan bursa global lainnya seperti bursa Hong Kong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here