Harga Soft Commodities Semua Turun Pada Penutupan Pasar Hari Senin

213

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada hari Senin 29 Nopember 2021, Harga Soft Commodities semua turun , kekhawatiran akan penyebaran virus covid varian baru omicron membuat kekhawatiran permintaan akan turun, harga kopi Arabika turun tajam , harga kopi Robusta turun, harga gula turun ke harga terendah 1 bulan, harga kakao di New York turun ke harga terendah 4 bulan

Inilah penutupan pasar pada hari Senin untuk soft commodities :

Kopi

Harga kopi Arabika Maret di ICE New York turun $9.95 (4.10%) menjadi $233 dan Harga kopi Robusta Januari di ICE London turun 2.17%.

Harga kopi turun tajam pada penutupan pasar hari Senin kekhawatiran akan penyebaran virus Covid, varian Omicron menyebabkan terjadi likuidasi di pasar kopi berjangka. Harga kopi mengalami tekan karena penyebaran dari virus varian baru ini akan membuat lockdown kembali terjadi di negara-negara dan akan membuat tutupnya café-café sehingga permintaan kopi menjadi turun. Jepang dan Israel telah menutup pelabuhannya dari kapal asing dan negara – negara lain juga sudah melakukan pembatasan perjalanan.

Gula

Harga gula Maret di ICE New York turun 16 sen (0.83%) menjadi $19.19 dan harga gula Maret di ICE London turun 0.74%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Senin turun di New York harganya masih di harga terendah satu bulan pada hari Jumat . Harga gula turun karena kekhawatiran penyebaran varian covid omicron membuat banyak negera akan menutup perbatasannya dan membatasi perjalanan sehingga permintaan etanol akan berkurang. Sehingga pabrik tebu Brazil lebih memilih untuk memproduksi gula sehingga menaikkan persediaan gula.

Kakao

Harga kakao Maret di ICE New York turun $18 (0.75%) menjadi $2,378 per ton dan harga kakao Maret di ICE London 0.55%.

Harga kakao pada penutupan pasar hari Senin melanjutkan penurunan pada hari Jumat dan mencapai harga terendah 4 bulan. Harga kakao turun karena tekanan varian baru omicron yang dikhawatirkan akan menyebar secara global dan mendorong banyak negara akan melakukan lockdown sehingga menurunkan permintaaan akan komodiri termasuk kakao. Jepang dan Israel telah menutup pelabuhannya dari kapal asing dan negara – negara lain juga sudah melakukan pembatasan perjalanan.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here