Imbal Hasil Treasury AS Turun Akibat Kekhawatiran Varian Omicron

481

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS turun pada hari Selasa akibat kekhawatiran atas varian omicron Covid yang membebani pasar saham, mmebuat investor mencari aset safe haven.

Imbal hasil Treasury 10-tahun turun 8,3 basis poin menjadi 1,446% sekitar pukul 14:00. ET. Imbal hasil pada obligasi Treasury 30-tahun turun 7,9 basis poin menjadi 1,8%. Hasil bergerak berbanding terbalik dengan harga dan 1 basis poin sama dengan 0,01%.

Imbal hasil turun dari posisi terendah hari ini setelah Ketua Fed Jerome Powell mengindikasikan dalam sidang Kongres bahwa bank sentral dapat mempercepat pengurangan pembelian aset.

Imbal hasil Treasury 10-tahun setinggi 1,69% minggu lalu sebelum penurunan Jumat di bawah 1,5%. Setelah sedikit istirahat pada hari Senin, hasil jatuh lagi.

Pasar saham jatuh pada hari Selasa, setelah CEO Moderna Stephane Bancel mengatakan kepada Financial Times bahwa ia mengharapkan vaksin yang ada menjadi kurang efektif terhadap varian baru.

Varian Covid baru, pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, kini telah diidentifikasi di lebih dari selusin negara, menyebabkan banyak orang membatasi perjalanan.

Gejala Covid yang terkait dengan varian omicron telah digambarkan sebagai “sangat ringan” oleh dokter Afrika Selatan yang pertama kali memperingatkan tentang jenis baru. Namun, WHO mengatakan akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memahami bagaimana varian tersebut dapat memengaruhi diagnostik, terapi, dan vaksin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan imbal hasil Treasury AS dapat bergerak naik data ekonomi AS seperti ISM Non Manufacturing PMI November terealisir naik. Namun jika sentimen percepatan tapering dan kenaikan suku bunga AS terus meningkat dan kekhawatiran varian baru omicron Covid juga meningkat, akan dapat menekan imbal hasil Treasury AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here