Bursa Wall Street Berakhir Naik Terpicu Optimisme Pfizer Mengatasi Omicron

523
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham AS pada hari Kamis menguat setelah Pfizer mengatakan pihaknya memperkirakan vaksin Covid akan menghambat varian omicron, meredakan kekhawatiran pandemi. Saham juga mendapat dukungan di tengah tanda-tanda kekuatan di pasar tenaga kerja AS setelah klaim pengangguran mingguan AS naik kurang dari yang diperkirakan dan tetap mendekati level terendah 52 tahun.

Indeks S&P 500 ditutup naik +1,42%, Indeks Dow Jones Industrials ditutup naik +1,82%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup naik +0,71%.

Data klaim pengangguran mingguan AS hari Kamis adalah bullish untuk saham. Klaim pengangguran awal mingguan AS naik +28.000 menjadi 222.000, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih kuat dari ekspektasi 240.000. Klaim berkelanjutan mingguan turun -107.000 ke level terendah 20 bulan di 1,956 juta, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih kuat dari ekspektasi 2,003 juta.

Komentar pada hari Kamis dari Presiden Fed Atlanta Bostic adalah bearish untuk saham ketika dia mengatakan “akan menjadi kepentingan kami” untuk menyelesaikan pengurangan pembelian aset pada kecepatan yang lebih cepat untuk memberi Fed lebih banyak fleksibilitas untuk menaikkan suku bunga jika diperlukan.

Operator jalur pelayaran dan saham maskapai penerbangan reli Kamis karena kekhawatiran varian omicron mereda setelah Pfizer mengatakan pihaknya memperkirakan vaksin Covid-nya akan bertahan hingga varian omicron. Karnaval (CCL) ditutup naik lebih dari +9%, Norwegian Cruise Line Holdings (NCLH) ditutup naik lebih dari +7%, dan Royal Caribbean Cruises (RCL) ditutup naik lebih dari +6%. Delta Air Lines (DAL) ditutup naik lebih dari +9%, dan United Airlines Holdings (UAL), American Airlines Group (AAL), dan Southwest Airlines (LUV) semuanya ditutup naik lebih dari +6%.

Saham hotel dan game bergerak lebih tinggi pada hari Kamis karena kekhawatiran varian omicron mereda. Wynn Resorts (WYNN) dan Caesars Entertainment (CZR) ditutup naik lebih dari +8%. MGM Resorts International (MGM) dan Hilton Worldwide Holdings (HLT) ditutup naik lebih dari +7%, dan Marriott International (MAR) ditutup naik lebih dari +5%.

Kroger (KR) ditutup naik lebih dari +11% pada hari Kamis untuk memimpin kenaikan di S&P 500 setelah melaporkan EPS yang disesuaikan Q3 sebesar 78 sen, lebih kuat dari konsensus 71 sen dan menaikkan perkiraan EPS yang disesuaikan untuk tahun 2022 menjadi $3,40-3,50 , di atas konsensus $3,35.

Boeing (BA) ditutup naik lebih dari +7% pada hari Kamis untuk memimpin kenaikan di Dow Jones Industrials setelah regulator penerbangan sipil China mengeluarkan arahan kelaikan udara untuk jet Boeing 737 Max, yang membuka jalan bagi pesawat untuk melanjutkan penerbangan di China setelah dilarang terbang. selama hampir tiga tahun.

Okta (OKTA) ditutup naik lebih dari +11% Kamis untuk memimpin gainers di Nasdaq 100 setelah perusahaan melaporkan pendapatan Q3 sebesar $350,7 juta, di atas konsensus $327,1 juta, dan menaikkan perkiraan pendapatan setahun penuh menjadi $1,28 miliar dari sebelumnya perkiraan $1,24-1,25 miliar.

Malam nanti akan dirilis data penting tenaga kerja yaitu Non Farm Payrolls November AS yang diindikasikan meningkat dan data Unemployment Rate November AS yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati rilis data tenaga kerja AS, jika Non Farm Payrolls November AS terealisir meningkat dan data Unemployment Rate November AS terealisir menurun, akan menguatkan bursa Wall Street.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here