Harga Gandum Kembali Naik Persediaan Gandum Berkurang

411
gandum

(Vibiznews –Commodity) – Harga gandum naik tinggi karena meredanya kekhawatiran varian omicron sehingga membuat pasar berjangka melakukan pembelian, setelah Pfizer mengumumkan bahwa vaksin pfizer dapat melindungi dari semua varian covid bahkan terhadap varian omicron.

Kekhawatiran bahwa persediaan berkurang sehingga mendorong harga gandum CBOT sempat ke harga tertinggi 9 tahun dan DI Eropa harga gandum naik ke harga tertinggi baru.

Persediaan yang kurang di daerah Utara membuat pembeli mencari gandum Australia, namun hasil panen Australia yang banyak dengan kualitas yang rendah.

Harga gandum Maret di CBOT naik 24.50 sen (3.10%) menjadi $8.15 per bushel.

Harga gandum naik tajam pada penutupan pasar hari Kamis dengan Laporan ekspor mingguan sebesar 79,000 MT gandum dipesan pada minggu ini sampai 25 Nopember, jumlah terendah pada tahun marketing ini. Laporan USDA termasuk 26 K MT untuk penjualan 22/23 pesanan Colombia.

Di Paris berjangka harga gandum naik lagi, setelah pasar global khawatir bahwa pengiriman gandum Eropa besar, dan cuaca Australia diperkirakan akan kering, walaupun pada saat ini kekhawatiran akan kualitas yang turun karena hujan turun. Rusia terus menekan dengan Ukraina dengan menjaga perbatasan dengan tentara-tentara sehingga mendekati perang. Rusia sebagai eksportir terbesar dari gandum and konflik membuat gejolak pasar. Di AS ladang bagian selatan perkiraan kekeringan pada beberapa minggu ke depan dan secara fundamental persediaan masih tetap rendah.

StatsCan akan melaporkan produksi gandum Canada pada hari Jumat, perkiraan produksi antara 19.3 MMT dan 22.5 MMT . Rata-rata perkiraan 21.2 MMT dibandingkan perkiraan 2020/21 produksi 35.18 MMT dan perkiraan USDA 21 MMT. Trader memperkirakan hasil gandum musim semi 14.7 MMT.

Ekspor Ukraina melewati 22% sampai 29/11. Ag Ministry melaporkan bahwa gandum yang sudah dikirim sebesar 14.5 MMT pada tahun marketing ini sejak 1 Juli. Ukraina membatasi ekspor sebesar 25.3 MMT sampai Juni. S&P Global Platts melaporkan bahwa harga gandum Ukraina naik 11.5% menjadi $342.25 /MT.

Analisa tehnikal untuk Gandum dengan support pertama di $7.83 berikut ke $7.68 dan resistant pertama di $8.18 dan berikut ke $8.45.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here