Rekomendasi EUR/USD 3 Desember 2021: Tertekan karena Menguatnya USD & Dovishnya ECB

796
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) EUR/USD melemah dan turun ke bawah 1.1300,  di sekitar 1.1298, setelah mengalami penolakan menghadapi resistance kuat di 1.1350.

Setelah terjadi rebound yang signifikan pada hari Selasa, EUR/USD kelihatannya mengalami konsolidasi di atas 1.1300 dengan para investor tetap berada dipinggir menunggu katalisator yang signifikan berikutnya.

Pada hari Rabu, Presiden Fed Cleveland, Loretta Mester mengatakan bahwa dia mendukung dipercepatnya tapering quantitative easing agar supaya the Fed akan memiliki lebih banyak flexibilitas jika diperlukan untuk menaikkan tingkat bunga lebih cepat daripada yang direncanakan. Meskipun ada pernyataan seperti ini, indeks dollar AS tetap harus berjuang untuk mendapatkan daya tarik, yang menunjukkan bahwa pasar telah memperhitungkan dalam perhitungan harga dengan kecenderungan hawkish di dalam outlook kebijakan the Fed.

Namun dalam perdagangan pagi sesi Asia, dollar AS mulai menunjukkan kekuatannya dan berbalik naik dengan berhentinya penurunan yields obligasi AS.

Sebaliknya dilaporkan bahwa para pembuat kebijakan di ECB prihatin dengan meningkatnya ketidakpastian dalam hal outlook ekonomi dan akan membuatnya sulit untuk membuat penyesuaian untuk memutuskan penyesuaian QE pada bulan Desember.

Dengan ECB diperkirakan tidak akan memberikan signal kenaikan tingkat bunga pada tahun 2022. Sikap ECB yang dovish ini membuat matauang bersama tetap akan berada di bawah, yang akan terus menekan turun EUR/USD.

“Support” terdekat menunggu di 1.1290  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1270 dan kemudian 1.1235. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1330 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1360 dan kemudian 1.1400.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here