Siam Cement Group Akuisisi 12.75% Saham DEPO Bangunan

478

(Vibiznews – IDX Stocks) – Perusahaan raksasa asal Thailand, Siam Cement Group (SCG), mengakuisisi 12,75% saham PT Caturkarda Depo Bangunan (DEPO). Akuisisi ini dilakukan lewat anak usaha hasil joint-venture Siam Cement Public (SCC) dan Siam Global House (GBH), yaitu Global House International (GBI).

Akuisisi saham Depo Bangunan oleh SCG merupakan salah satu strategi SCG untuk mengekspansi bisnis ritel perusahaan di wilayah ASEAN. Pembelian saham ini dilakukan saat pelaksanaan IPO Depo Bangunan pada Kamis (25/11), yaitu di harga 482 rupiah per lembar saham. Adapun total akuisisi porsi saham tersebut ialah senilai 417,24 miliar rupiah.

Transaksi ini setara dengan 0,08% dari total aset yang tertera dalam laporan keuangan konsolidasi SCG, atau 1,34% dari total aset GBI, pada 30 September lalu.

Selain Depo Bangunan, SCG juga menguasai 30,86% saham PT Catur Sentosa Adiprana (CSAP), yang merupakan induk Mitra10. Depo Bangunan dan Mitra10 tercatat sebagai pemain terbesar di ritel bahan bangunan.

Dana IPO yang diraih Depo Bangunan akan digunakan untuk menambah gerai dan renovasi, serta memperluas cabang yang saat ini sebanyak sembilan gerai. Dengan IPO ini, Depo Bangunan dengan 9 gerainya bisa memperketat persaingan dengan Mitra10, yang kini telah memiliki 42 gerai.

Pergerakan saham DEPO per akhir pekan ini, Jumat (3/12) ditutup anjlok cukup dalam, sebesar 6.56% atau 40 poin ke level 570. Setelah pada pembukaan bursa tadi pagi dibuka sama dengan harga penutupannya kemarin sore yakni di 610. Kemudian bergerak naik ke 625 namun kemudian bergerak turun ke zona merah sampai ditutupnya bursa.

Selasti Panjaitan/Vibiznews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here