Bursa Eropa Berakhir Naik; Saham Perjalanan dan Liburan Melonjak

452
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Senin mencermati perkembangan varian omicron Covid dan volatilitas bitcoin.

Indeks Stoxx 600 Eropa berakhir naik 1,4%, dengan saham perjalanan dan liburan melonjak lebih dari 4,1% untuk memimpin kenaikan. Hampir semua sektor dan bursa utama menutup sesi di teritori positif.

Indeks FTSE 100 berakhir naik 1,54%. Indeks DAX naik 1,39%. Indeks CAC 40 naik 1,48%.

Penjualan besar-besaran dalam saham teknologi Jumat lalu meluas ke mata uang kripto dengan harga bitcoin bergejolak sepanjang akhir pekan. Bitcoin diperdagangkan sekitar $57.000 pada Jumat pagi, tetapi pada hari Sabtu turun menjadi sekitar $43.000. Pada hari Minggu, cryptocurrency terbesar di dunia telah memulihkan beberapa kerugiannya, tetapi masih diperdagangkan di bawah level kunci $50.000; itu perdagangan terakhir sekitar $48,446.

Di sisi data di Eropa, pesanan industri Jerman jatuh 6,9% bulan ke bulan pada Oktober, jauh di bawah perkiraan konsensus penurunan 0,5%, karena permintaan asing yang lemah membebani,

Indeks Sentix zona euro untuk Desember turun menjadi 13,5 dari 18,3 pada November, karena ketidakpastian baru atas penyebaran Covid-19 dan pembatasan terkait membebani kepercayaan investor di seluruh blok.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, kurir Polandia InPost naik lebih dari 9,5% setelah beberapa eksekutif puncak membeli sejumlah besar saham.

Menjelang bagian bawah indeks blue chip Eropa, saham Just Eat Takeaway turun 4,6% di tengah kekhawatiran bahwa peraturan Komisi Eropa baru tentang pekerjaan ekonomi pertunjukan dapat memukul perusahaan pengiriman makanan. Bernstein menurunkan peringkat saham perusahaan menjadi “kinerja pasar” dari “berperforma lebih baik” dan memangkas target harga sahamnya.

Besok sore akan dirilis data ekonomi ZEW Economic Sentiment Index Desember Zona Eropa dan Jerman, keduanya diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa dapat turun jika data ZEW Economic Sentiment Index Desember Zona Eropa dan Jerman terealisir turun. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika naik akan menguatkan juga bursa Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here