Rekomendasi Mingguan Minyak 6 – 10 Desember 2021: Masih Bisa Naik?

245

(Vibiznews – Commodity) Memulai minggu yang baru pada minggu lalu, harga minyak mentah WTI, berada di $68. Harga minyak mentah WTI, sempat jatuh tajam ke level $62,40, namun pada akhirnya berhasil naik kembali ke $67.40 sebelum akhirnya turun lagi ke $66.47 karena keluarnya laporan NFP yang mengewakan.

Angka umum NFP AS hanya berhasil menambah 210.000 pekerjaan di bulan November, setengah dari yang diperkirakan sebesar 550.000, ada perkembangan yang positip. Tingkat pengangguran turun ke 4.2%, sementara tingkat partisipasi meningkat. Kedua hal ini adalah perkembangan yang positip. Akibatnya dollar AS hanya turun sebentar dan segera naik kembali.

Kenaikan dollar  AS menekan harga minyak mentah dari $67.40 ke $66.47.

Harga minyak mentah WTI berhasil naik 2.8% atau $1.80 dan berakhir di $67.40 setelah sebelumnya sempat jatuh tajam ke $62.40 ketika datang berita yang memukul harga minyak bahwa OPEC akan tetap berpegang kepada rencana mereka untuk menambah supply minyak mentah.

Pertambahan supply minyak mentah berarti harga minyak berpotensi turun.  Namun dikatakan bahwa OPEC akan mereview tambahan supply pada bulan Januari, jika varian baru Covid – 19, Omicron memukul permintaan akan minyak mentah. Jadi OPEC akan memangkas balik supply jika Omicron terbukti lebih daripada hanya sebuah isu yang kebanyakan orang pikirkan.

Minggu ini harga minyak mentah WTI berpeluang naik dengan Omicron terbukti tidak membahayakan sehingga tidak perlu diadakan lockdown atau restriksi yang baru.

Setelah kepanikan pasar pada awalnya, berita-berita mengenai varian baru Covid – 19, Omicron berkurang stressnya. Ketakutan terhadap varian baru dari covid, Omicron sekarang telah bercampur dengan harapan tidak akan menakutkan seperti yang semula dipikirkan. Meskipun penularannya lebih cepat daripada varian-varian sebelumnya tetapi Omicron terbukti tidak mematikan seperti varian-varian lainnya.

“Support” terdekat menunggu di $65.91 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $64.99 dan kemudian $63.66. “Resistance” yang terdekat menunggu di $68.51 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $69.63 dan kemudian $70.28.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here