Bursa Eropa Sebagian Besar Lemah; Indeks FTSE Bergerak Positif

322
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa melemah pada hari Rabu, dengan investor terus mencerna berita terbaru seputar varian baru omicron Covid.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,2% pada sore hari, setelah melepaskan kenaikan sebelumnya sekitar 0,5%. Saham ritel turun 1,4% sementara perawatan kesehatan naik 0,7%.

Terpantau indeks FTSE naik 0,2%. Indeks DAX merosot -0,62%. Indeks CAC melemah -0,44%.

Perdagangan yang tidak pasti di Eropa datang setelah sesi yang kuat pada hari Selasa, ketika pasar global rally karena kekhawatiran tentang potensi keparahan varian omicron mereda.

Ada pengumuman yang beragam mengenai varian omicron sejak itu. CEO Pfizer Albert Bourla pada hari Selasa mengatakan varian omicron tampaknya lebih ringan dari strain sebelumnya, tetapi juga tampaknya menyebar lebih cepat dan dapat menyebabkan lebih banyak mutasi di masa depan.

Sebelumnya, kepala penasihat medis Gedung Putih Dr. Anthony Fauci mengatakan data awal dari Afrika Selatan minggu lalu “mendorong” karena menunjukkan bahwa omicron tidak separah yang ditakuti pada awalnya, sambil mencatat bahwa lebih banyak data diperlukan untuk menilai sepenuhnya risiko yang ditimbulkan oleh varian.

Saham berjangka AS naik moderat di awal perdagangan premarket pada hari Rabu setelah saham melanjutkan kenaikan mereka dari aksi jual omicron yang terlihat minggu lalu.

Perusahaan investasi Inggris Man Group naik 4% setelah mengumumkan program pembelian kembali saham hingga $250 juta.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan pengiriman makanan Jerman Hellofresh turun lebih dari 7% setelah meleset dari ekspektasi pendapatan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mixed, mencermati perkembangan omicron, data ekonomi zona Eropa dan pergerakan bursa Wall Street.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here