Bursa Wall Street Berakhir Kuat; Kecemasan Omicron Berlalu, Saham Teknologi Menguat

259

(Vibiznews – Index) Bursa Wall Street berakhir kuat pada Selasa dengan investor tidak cemas lagi terkait varian virus corona terbaru dan kenaikan saham teknologi menguatkan Nasdaq.

Indeks S&P 500 ditutup naik +2,07%, Indeks Dow Jones Industrials ditutup naik +1,40%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup naik +3,03%.

Pengumuman Intel tentang rencana untuk membawa unit mobil self-driving Mobileye ke publik di Amerika Serikat tahun depan mendorong sahamnya naik 3% dan menyemangati investor chip di seluruh papan.

Indeks Philadelphia SE Semiconductor ditutup naik 4,97% setelah mencapai level terendah hampir satu bulan pada hari Selasa.

Sebelum pasar dibuka, produsen obat Inggris GSK mengatakan terapi COVID-19 berbasis antibodi yang dikembangkan dengan Vir Biotechnology (VIR.O) efektif melawan semua mutasi varian Omicron.

Berita itu menambah reli bantuan bersama dengan komentar pejabat penyakit menular Anthony Fauci pada hari Selasa bahwa bukti awal yang menunjukkan Omicron kemungkinan memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi, ternyata tidak parah. Fauci telah membuat komentar serupa pada hari Minggu.

Indeks volatilitas CBOE (.VIX), sering disebut pengukur ketakutan Wall Street, turun dari level tertinggi lebih dari 10 bulan minggu lalu. Itu mengakhiri hari turun 19,5 poin pada 21,89, penutupan terendah sejak 6 Oktober.

Semua dari 11 sektor S&P utama menguat, dengan sektor teknologi informasi (.SPLRCT) ditutup naik 3,5% untuk persentase kenaikan satu hari terbesar sejak 9 Maret, dengan consumer discretionary (.SPLRCD) mengikuti dengan kenaikan 2,4%.

S&P 1500 Hotels, Restaurant and Leisure (.SPCOMHRL) ditutup naik 1,4%. Setelah reli hampir sepanjang hari, S&P 1500 Airlines (.SPCOMAIR) ditutup turun 0,6%. Indeks maskapai telah naik 5% pada hari Senin.

Di industri semikonduktor, pemenang besar lainnya selain Intel adalah Nvidia (NVDA.O), yang menambahkan 7,96%, sementara NXP Semiconductor (NXPI.O) dan Applied Materials (AMAT.O) keduanya naik 6,5%.

Vir Biotechnology ditutup naik 11,9%.

Merck & Co (MRK.N) turun 1,6% karena Guggenheim menurunkan peringkat sahamnya menjadi “netral” dari “beli” setelah pembuat obat itu menghentikan pendaftaran dalam dua uji klinis tahap akhir yang menguji obat eksperimentalnya untuk pengobatan dan pencegahan HIV-1.

S&P 500 membukukan 37 tertinggi baru 52-minggu dan tidak ada posisi terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 52 tertinggi baru dan 48 terendah baru.

Di bursa AS, 11,38 miliar saham berpindah tangan dibandingkan dengan rata-rata 11,55 miliar untuk 20 sesi terakhir.

Malam nanti akan dirilis data JOLT’s Job Openings Oktober yang diindikasikan stabil.

Analyts Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street berpotensi naik dengan meredanya kekhawatiran Omicron dan stabilnya data pekerjaan AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here