Rekomendasi EUR/USD 9 Desember 2021: Berhasil Pulih ke Atas 1.1300

1211

(Vibiznews – Forex) Setelah sempat naik paling tinggi dalam satu minggu, EUR/USD berkonsolidasi dan diperdagangkan di bawah 1.1300 di sekitar 1.1293, namun akhirnya berhasil naik kembali ke atas 1.1300 di sekitar 1.1333. Dolar AS melemah dengan melemahnya yields treasury AS. Optimisme atas varian baru covid, Omicron meningkat sementara kebijakan yang mendukung dari Cina kelihatannya memudar.

Investor menjadi berhati-hati setelah Joe Biden mengancam akan mengenakan sanksi ekonomi dan langkah lainnya terhadap Rusia apabila menyerbu Ukraine. Sebelumnya AS baru-baru ini mengumumkan akan memboikot Olimpic Musim Dingin di Beijing sebagai protes terhadap pelanggaran hak asasi dan tindakan terhadap Muslim di Uyghur. Meningkatnya ketegangan geopolitik membatasi pergerakan yang optimis di pasar keuangan.

Terlepas dari geopolitik di atas, ekspektasi the Fed akan mengetatkan kebijakan moneter lebih cepat daripada yang direncanakan untuk mengatasi tekanan inflasi yang semakin meningkat, bisa menjadi faktor yang mendorong naik dollar AS. Dengan demikian, fokus pasar akan tetap melekat kepada rilis dari angka inflasi konsumen AS pada hari Jumat. Data inflasi ini akan mempengaruhi keputusan the Fed untuk mengurangi stimulus dengan kecepatan yang lebih cepat dan menaikkan tingkat bunga pada tahun 2022.

“Support” terdekat menunggu di 1.1270  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1235 dan kemudian 1.1200. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1345 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1380 dan kemudian 1.1400.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here