Kospi 28 Desember Rebound oleh Net Buy Investor Asing dan Institusional

138
indeks kospi
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Indeks Kospi berhasil ditutup lebih tinggi pada perdagangan hari Selasa (28/12/2021) di bursa saham Korea Selatan. Rebound Kospi di tengah perdagangan yang berombak didapat dari aksi beli oleh investor asing dan institusional yang cukup besar pada saham-saham kapital besar menyusul rekor di bursa Wall Street semalam.

Sentimen investor didorong oleh penutupan semalam yang kuat di bursa Wall Street yang membuat S&P 500 ditutup pada rekor tertinggi baru. Kekuatan Wall Street didapat dari optimisme varian omicron tidak menghambat pertumbuhan ekonomi global.

Indeks sempat diperdagangkan sedikit lebih rendah karena aksi ambil untung tetapi segera memangkas kerugian sebelumnya jelang penutupan perdagangan. Sebagai informasi, net buy investor asing dan institusi mencapai 2 triliun won.

indeks kospi
Berita Kospi Lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup naik 20,69 poin atau 0,69 persen menjadi 3.020,24. Sementara itu untuk indeks Kospi200 berjangka menguat 2,60 poin atau 0,65% ke posisi 401.21, setelah sempat naik ke posisi tertinggi 401.21 dan sempat turun ke posisi terendah di 397.24.

Mayoritas saham-saham kapital besar  diperdagangkan lebih tinggi seperti saham pemimpin pasar Samsung Electronics naik tipis 0,12 persen, saham pembuat chip No. 2 SK hynix naik 1,19 persen, saham pembuat mobil papan atas Hyundai Motor naik 0,23 persen serta saham operator portal No. 1 Naver naik persen 1,05 persen.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here