Reksa Dana Pendapatan Tetap Jadi Yang Terbaik Pekan Lalu

339
Reksa dana

(Vibiznews – Bonds & Mutual Fund) – Jelang akhir tahun tren negatif Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rupanya masih berlanjut dalam sepekan kemarin. Dalam kurun waktu tersebut, tercatat, IHSG kembali melemah 0,59%. Pelemahan IHSG pada tentu saja menyeret kinerja reksa dana berbasis saham karena reksa dana berbasis berbanding lurus dengan IHSG. Berdasarkan dari laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan, Senin (27/12) reksadana saham terseret turun 0,49%. Demikian juga dengan reksa dana campuran tidak jauh berbeda dengan terkoreksi 0,12%.

Berbeda dengan pasar saham, pasar obligasi justru berkinerja baik setelah Indeks Infovesta Government Bond menguat 0,32% dan Infovesta Corporate Bond naik tipis 0,03%. Akibatnya kinerja reksa dana pendapatan tetap pun naik 0,33%. Sekaligus menjadikannya sebagai reksa dana dengan kinerja paling apik dalam sepekan terakhir. Sementara itu reksa dana pasar uang tercatat berhasil mencatatkan kenaikan 0,06%.

Berikut masing-masing reksa dana yang memiliki return tertinggi secara month to date hingga 24 Desember 2021. Reksa dana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Millenium MCM Equity Sektoral sebesar 13,52%. Lalu reksa dana campuran yang tertinggi dipegang oleh Jasa Capital Campuran Dinamis dengan tumbuh sebesar 19,29% Sementara untuk reksa dana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Cipta Dana Obligasi sebesar 4,06%. Sedangkan untuk reksa dana pasar uang, HPAM Ultima Money Market jadi yang tertinggi dengan return sebesar 0,40% Berikutnya, reksa dana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah Premier ETF Syariah JII sebesar 1,47%. Kemudian, return reksa dana pendapatan tetap USD dipegang oleh Cipta Obligasi USD sebesar 1,77%.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here